Pengertian Power Supply

623
Advertisement

Pengertian Power Supply dan fungsinya dalam menghantarkan listrik ke komputer dalam memenuhi kebutuhan tegangan listrik untuk beberapa komponen dalam komputer.

Apakah Anda menggunakan power supply pada Komputer Anda? Apakah Anda tahu sebenarnya kegunaan dan fungsi dari power supply? Pengertian power supply adalah alat yang dapat memberi suplai tegangan listrik dari sumber tegangan listrik menuju tegangan listrik yang lain secara langsung. Biasanya Power Supply digunakan pada perangkat seperti computer dalam menghantarkan listrik dari power supply ke komponen komputer seperti hard disk, motherboard, kipas komputer, dan beberapa komponen komputer lainnya.

Advertisement

Power supply memiliki dua jenis yaitu power supply AT beserta power supply ATX. Power supply AT digunakan untuk komputer generasi Pentium dua. Kini power supply dengan jenis AT tidak lagi digunakan untuk perangkat komputer. Karena perkembangan teknologi yang cukup pesat, sehingga power supply jenis AT tidak mampu dalam menghantarkan listrik pada komputer masa kini.

Sebagai gantinya telah hadir jenis power supply ATX yang telah disesuaikan dengan teknologi yang dipasangkan pada komputer masa kini. Power supply dengan jenis ini memiliki tegangan listrik yang sangat besar sehingga mampu menghantarkan listrik ke komponen komputer. Kelebihan dari power supply dengan jenis ATX adalah power supply ini dapat digunakan secara otomatis dan juga telah memiliki penambahan dari konektor power dari SATA.

Merunut pengertian power supply bagi komputer tak heran jika keberadaan power supply sangat dibutuhkan. Melihat fungsi power supply yang sangat bagus dalam menghantarkan listrik bagi komponen komputer. Sehingga keberadaan power supply sangat dibutuhkan. Apabila perangkat power supply tersebut rusak atau mati, maka otomatis perangkat komputer Anda juga turut rusak dan mati sehingga tidak bisa digunakan.

Baca Juga : Pengertian Microsof Excel

Demikianlah pengertian power supply yang perlu Anda ketahui. Melihat dari pengertiannya keberadaan dan fungsi komputer tidak bisa lepas dari keberadaan power supply. Karena apabila power supply rusak atau mati, maka secara otomatis komputer juga turut mati. Sehingga diperlukan perawatan secara khusus untuk menjaga fungsi dari power supply tersebut tetap terjaga dan memiliki kinerja yang tetap maksimal. Kini, Anda lebih tahu mengenai power supply dan kegunaannya bukan?

Advertisement