Pengertian Resistor

1765
Advertisement

Pengertian Resistor beserta fungsi dari resistor dan jenisnya dapat menjadi ilmu tentang elektronika yang bisa dimanfaatkan dalam mengotak atik elektronika.

Anda tentu sering mendengar tentang resistor. Tapi tahukah Anda, Apa itu definisi Resistor tersebut? Resistor adalah sebuah komponen yang sering ditemui dalam komponen elektronika. Resistor merupakan sebuah komponen pasif dengan nilai tertentu dapat membatasi serta mengatur arus listrik di dalam sebuah rangkaian elektronika. Fungsi resistor tersebut yang akhirnya menjadikan resistor merupakan salah satu komponen dari elektronika yang harus ada.

Advertisement

Fungsi resistor yang lain diantaranya adalah sebagai pembatas arus listrik. Dapat digunakan sebagai pengatur dari arus listrik, kemudian dapat dijadikan sebagai pembagi dari tegangan listrik dan sebagai penurun dari tegangan arus listrik. Resistor ditemukan oleh seorang ilmuwan Jerman yang bernama Simon Ohm yang merupakan seorang fisikawan.

Berdasarkan pengertian nya, resistor memiliki beberapa jenis. Jenis-jenis resistor yang perlu diketahui diantaranya adalah:

  1. Fixed resistor

Jenis resistor ini merupakan sebuah jenis resistor yang mampu memiliki nilai resistansinya yang tetap. Hal ini dapat ditandai dengan kode warna atau kode angka. Contohnya adalah: carbon composition resistor, carbon film resistor, metal film resistor.

  1. Variable resistor

Jenis resistor ini adalah sebuah jenis resistor dengan nilai resistansinya yang dapat berubah atau yang dapat diatur sesuai dengan keinginan. Jenis resistor ini terbagi atas potensiometer, rheostat dan trimpot.

  1. Thermistor

Merupakan sebuah jenis resistor yang memiliki nilai resistansinya dapat dipengaruhi oleh suhu atau temperatur. Jenis resistor ini memiliki 2 macam jenis yaitu thermistor NTC (negative thermistor coefficient) dan thermistor PTC (positive temperature coefficient).

  1. LDR (light dependent resistor)

Jenis resistor ini memiliki nilai resistansinya yang dipengaruhi dengan intensitas cahaya yang diperoleh.

Demikianlah pengertian resistor beserta fungsi dari resistor yang bisa Anda jadikan referensi. Tidak lupa jenis resistor yang dipengaruhi oleh beberapa hal. Dengan mengetahui mengenai resistor, ilmu Anda tentang dunia elektronika semoga akan semakin bertambah. Jika ada sebuah kerusakan pada komponen file elektronika setidaknya Anda tahu bagian mana yang harus diperbaiki dan jenis resistor apa yang akan diperbaiki.

Baca Juga : Pengertian Komunikasi dan Pengertian E-Learning. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Advertisement