Pengertian Ruang Lingkup

4327
Advertisement

Pengertian Ruang Lingkup adalah suatu batasan yang memudahkan dilaksanakannya penelitian agar lebih efektif dan efisien untuk misahkan aspek tertentu sebuah objek.

Pernahkah Anda mendengar istilah ruang lingkup? Pastinya Anda pernah mendengarnya bukan? Tapi pernahkah Anda mencari tau makna ruang lingkup sesungguhnya. Tentunya hal ini dapat memancing kita untuk secara tidak sadar mencoba menjabarkan pengertian ruang lingkup. Banyak diantara Anda yang memahami seperti apakah ruang lingkup namun tidak berhasil mendeskripsikannya ke dalam sebuah kalimat kesimpulan yang jelas dan lugas. Dalam sebuah observasi dan penelitian akan suatu objek, ruang lingkup dapat diartikan sebagai sebuah batasan dari pembahasan.

Advertisement

Pengertian ruang lingkup dalam sebuah pemantauan atau penelitian dapat di jelaskan misalnya dengan seberapa banyak subjek yang harus dipantau, luas penelitian dan lain sebagainya. Ruang Lingkup akan sangat membantu keefektifan berjalannya sebuah penelitian. Tanpa adanya ruang lingkup penelitian yang jelas, penelitian tidak akan berjalan dengan tepat dan beresiko mengalami bias. Istilah ruang lingkup membantu kita membatas-batasi dan menggolongkan banyak hal. Dengan demikian, akan lebih mudah memahami serta mendalami sebuah pokok masalah karena sudah dibatasi dengan ruang lingkup.

Tanpa adanya ruang lingkup, sebuah penelitian akan mengalami waktu yang lebih lama. Ini karena tidak adanya sebuah batasan. Hasil berupa laporan tertulis dari penelitian tersebut pun akan kehilangan pokoknya. Dengan kata lain, definisi ruang lingkup juga merupakan batasan untuk membuat sebuah penelitian dan observasi lebih tepat sasaran. Ada beberapa contoh ruang lingkup, misalnya dalam aspek bersosialisasi. Dalam kehidupannya, manusia memiliki beberapa ruang lingkup untuk bersosialisasi atau bergaul. Misalnya ruang lingkup keluarga, ruang lingkup rekan kerja, ruang lingkup teman sekolah dan masih banyak lagi.

Pengertian ruang lingkup juga dapat diaplikasikan dalam hal-hal yang lebih sepele. Ruang lingkup terdiri dari hal-hal yang lebih kecil dan penjelasan yang lebih detail dari sebuah objek. Jika dalam sebuah penelitian melibatkan sebuah objek berupa benda, bisa jadi ruang lingkupnya meliputi kegunaan benda, ciri benda, darimana benda berasal, dan lain sebagainya.

Demikian pengertian dari ruang lingkup. Baca juga Pengertian Rekonsiliasi Bank dan  Pengertian Jaringan Komputer dan Data. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan pengetahuan baru bagi para pembaca.

Advertisement