Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Para ahli memberikan pendapatnya mengenai Pengertian Seni dengan arti yang berbeda-beda. Jadi, bagi Anda yang mencari informasi tentang arti seni, sangat tepat membaca artikel ini karena kami akan memberikan beberapa pengertian tentang seni dari para ahli. Jika berbicara mengenai seni, tentu sangat erat kaitannya dengan sebuah hasil karya dan keindahan. Menurut bahasa sendiri, seni diadopsi dari bahasa Sanskerta kata sani yang dimaksud dengan persembahan, pelayanan dan pemujaan. Berdasarkan Padmapusphita sendiri, kata seni ini diadopsi dari kata “genie” dalam bahasa Belanda yang disebut juga dengan kata genius, yakni kemampuan yang luar biasa dari sejak lahir. Dalam bahasa Inggris, seni sendiri berarti “Art” tepatnya berdasarkan ilmu yang dikaji di benua Eropa. Art ini memiliki arti visual, yakni sebuah media yang dapat melakukan aktivitas tertentu.

Pengertian Seni Menurut Pendapat Kamus

Berdasarkan kamus sendiri, pengertian seni bisa diartikan sebagai berikut ini:

1. Menurut Ensiklopedi Indonesia

Berdasarkan Ensiklopedi Indonesia dan kutipan dari Aktual.ID sendiri, seni berarti ciptaan dari segala hal yang dihubungkan karena nilai estetika atau keindahannya, sehingga setiap orang akan senang mendengarkan maupun melihatnya.

2. Menurut Everyman Encyklopedia

Dalam Everyman Encyklopedia, pengertian seni menurut kamus ini adalah segala hal yang diciptakan atau dilakukan oleh seseorang, yang tidak berdasarkan dorongan atas kebutuhan pokoknya, tetapi juga karena kehendak berdasarkan kenikmatan, kebutuhan spiritual dan kemewahan.

Pengertian Seni Menurut Pendapat Para Ahli

Sedangkan pengertian seni menurut para ahli, dibagi menjadi beberapa kelompok dan bagian berikut ini:

1. Menurut Ki Hajar Dewantara

Pengertian seni berdasarkan pendapat Ki Hajar Dewantara, adalah segala sesuatu perbuatan yang dilakukan manusia atas dasar sifat keindahan dan perasaannya, sehingga membuat mereka menggerakkan jiwa atas dasar perasaan tersebut.

2. Menurut Aristoteles

Berdasarkan seorang ahli Filsafat Yunani atau disebut juga sebagai Bapak Ilmu Pengetahuan, Aristoteles berpendapat bahwa Seni memiliki arti sebagai bentuk tiruan tentang kalam namun sifatnya memiliki keharusan yang ideal atau sama persis.

3. Menurut Rousseau dan Plato

Pengertian seni berdasarkan Plato dan Rousseau adalah seni merupakan hasil tiruan alam berikut dalam segala seginya.

4. Menurut Ahdian Karta Miharja

Ahdian Karta Miharja berpendapat bahwa seni merupakan sebuah kegiatan rohani dengan cara merefleksikan sebuah realitas dalam bentuk karya, dimana isi maupun bentuknya bisa membangkitkan pengalaman pada rohani penerimanya.

5. Menurut Schopenhauer

Pengertian seni menurut Schopenhauer, adalah segala bentuk usaha dengan menciptakan berbagai bentuk yang sifatnya menyenangkan. Berdasarkan banyak orang gemar akan seni musik, walaupun seni musik itu sendiri tergolong seni paling abstrak.

6. Menurut Prof Drs. Suwaji Bastomi

Seni menurut Prof Drs. Suwaji Bastomi, adalah sebuah aktivitas batiniah berdasarkan pengalaman estetika ke dalam bentuk yang agung dengan membangkitkan sebuah rasa haru dan takjub bagi yang melihatnya ataupun yang mendengarnya.

7. Menurut Drs. Popo Iskandar

Pengertian seni menurut Drs. Popo Iskandar adalah sebuah hasil dari ungkapan emosi seseorang yang hendak disampaikan untuk orang lain berdasarkan kesadaran hidup berkelompok atau bermasyarakat.

8. Menurut Eric Ariyanto

Eric Ariyanto, berpendapat bahwa sebuah seni merupakan aktivitas batiniah atau kegiatan rohani dengan merefleksikan hasil karya nyata yang bisa membangkitkan sebuah perasaan terhadap diri orang yang mendengarnya maupun melihatnya.

9. Menurut Drs. Sudarmaji

Drs. Sudarmaji berpendapat bahwa pengertian seni merupakan segala macam manifestasi batin serta pengalaman yang bersifat estetis yang memakai media garis, bidang, gelap terang, volume, warna dan tekstur.

Berdasarkan pengertian seni dari beberapa pendapat diatas, bisa disimpulkan bahwa seni merupakan sebuah maha karya sebagai bentuk refleksi dari dunia nyata sehingga menciptakan sebuah keindahan bagi siapa pun yang melihatnya maupun mendengarnya secara langsung.

Manfaat dan Tujuan Seni

Berdasarkan pengertian seni yang sudah dijelaskan di atas, kita bisa menyimpulkan apa tujuan dan manfaat seni bagi kehidupan manusia. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca ulasan di bawah ini:

1. Sebagai Media Pemenuhan Kebutuhan

Seperti kita ketahui, kebutuhan setiap individu manusia dibagi ke dalam 2 bagian, yakni kebutuhan emosional dan kebutuhan fisik. Adapun tujuan seni berdasarkan kebutuhan setiap individu adalah sebagai berikut:

  • Seni Sebagai Sebuah Alat Untuk Memenuhi Kebutuhan Emosional, Seperti kita ketahui, setiap manusia tentu harus memenuhi kebutuhannya sehari-hari, seperti untuk makan, bernafas, minum dan masih banyak lagi yang lainnya. Sedangkan bila tidak terpenuhi justru bisa berakibat pada efek samping yang berbahaya. Pertanyaannya di sini adalah, apakah emosi termasuk ke dalam salah satu kebutuhan yang wajib dipenuhi manusia? Semua orang tentu bisa meluapkan emosi dengan bebas tapi dalam bentuk apa emosi tersebut diluapkan. Emosi merupakan sebuah perasaan entah itu berupa haru, sedih, marah bahkan gembira. Pada seni sendiri, luapan tentang perasaan dapat disebut juga sebagai bentuk ekspresi. Dimana pelukis bisa berekspresi melalui penyair, bentuk lukisan, lagu dan masih banyak lagi ekspresi yang bisa ditunjukkan oleh setiap manusia tergantung bakat dan kemampuannya.
  • Seni Sebagai Sebuah Alat Untuk Memenuhi Kebutuhan Fisik, Berdasarkan fisik sendiri, manusia merupakan makhluk yang lemah jika dibandingkan makhluk lainnya. Sementara, peran seniman sangat penting untuk memenuhi segala macam kebutuhan fisik tersebut. Karena seniman bisa menciptakan sebuah seni dalam bentuk yang sangat elok dipandang mata. Seperti salah satunya adalah seorang desainer yang memiliki hasil karya yang berbentuk desain.

2. Sebagai Salah Satu Media Penerangan

Seperti kita ketahui, seni merupakan media yang sangat ampuh agar pihak lain mengerti, hal ini berdasarkan dari banyaknya orang yang menyukai hiburan yang sifatnya menyenangkan. Tak heran rasanya jika semua program yang dilakukan perusahaan maupun pemerintah sendiri selalu menggunakan seni sebagai bentuk medianya. Contohnya dalam bentuk poster, baliho dan lain sebagainya.

3. Sebagai Media Untuk Pendidikan

Seni juga banyak digunakan dan dimanfaatkan dalam media Pendidikan, misalnya pelajaran seni di sekolah. Pelajaran mengenai seni ini bisa bermacam-macam, seperti permainan drama pada pelajaran bahasa Indonesia maupun sejarah, dan juga bermain musik serta menyanyi yang berfungsi memperhalus sebuah perasaan. Sementara, seni pendidikan yang bersifat non formal sendiri biasanya melalui wayang, lagu dan film.

4. Sebagai Media Untuk Agama

Mungkin hampir semua orang tahu, bahwa tak ada satu pun agama yang tak mempunyai nilai seni. Agama Islam misalnya bisa membaca kitab suci Al-Quran, nasyid, kaligrafi, marawis hingga sebuah arsitektur masjid yang memiliki nilai seni tinggi berhubungan dengan media dakwah atau agama.

5. Sebagai Media Untuk Hiburan

Seperti kita ketahui, berekspresi merupakan salah satu bentuk luapan emosi atau perasaan. Sedangkan peluapan perasaan atau emosi yang sifatnya menyenangkan bisa disebut sebagai hiburan. Sebagai pelaku seni tentu bisa terhibur saat mereka bisa berkarya, terlebih lagi jika karyanya mampu diakui orang lain atau dinyatakan berhasil. Tak hanya pelaku seni saja, orang yang mendengarkan musik sebagai media hiburan tentu akan lebih menenangkan dan menyenangkan hati saat mendengarkannya. Sama halnya ketika kita menonton film sebagai sebuah karya seni, film bisa menyentuh perasaan para penontonnya.

Pengertian Lainnya : Pengertian Negara dan Pengertian Dasar Negara

Nah, itulah ulasan mengenai pengertian seni dan fungsi seni dalam kehidupan manusia. Semoga bermanfaat!

tags: