Pengertian Shalat Definisi Arti Sholat itu Apa?

1856
Advertisement

Pengertian Shalat secara umum adalah doa. Shalat juga sangat baik untuk kesehatan tubuh, sebab gerakan Shalat dapat membuat aliran darah menjadi lancar.

Seluruh umat Islam tentu saja sudah paham definisi atau pengertian Shalat itu. Secara bahasa Shalat mempunyai arti doa atau berdoa. Memang dalam setiap gerakan Shalat pasti ada doanya. Sedangkan menurut istilah atau menurut syariat Shalat adalah ibadah wajib umat Islam yang termasuk dalam rukun Islam yang kedua diawali dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Dalam Islam, Ibadah Shalat dibedakan menjadi dua, yaitu shalat wajib atau Shalat fardhu dan juga Shalat sunnah. Shalat fardhu ini adalah Shalat yang harus dilakukan oleh umat Islam sehari lima kali yaitu Subuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib, dan juga Isya’.

Advertisement

Tahukah Anda, selain sebagai ibadah, ternyata Shalat juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Hal ini sudah dibuktikan secara ilmiah oleh para ahli kesehatan. Dalam setiap gerakan Shalat yang dilakukan tidak hanya mengandung doa sesuai dengan pengertian Shalat tapi juga mempunyai manfaat yang berbeda-beda dan semuanya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat Shalat yang pertama yaitu pada gerakan takbiratul ihram. Gerakan ini bisa membuat aliran darah bagian atas tubuh menjadi lancar. Ketika mengangkat tangan semua peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar, sedangkan posisi sedekap bisa menghindari penyakit sendi ataupun tulang tubuh bagian atas.

Manfaat kesehatan dari Shalat tidak hanya didapatkan dari gerakan takbiratul ihram saja tapi juga ketika, melakukan gerakan rukuk. Pada gerakan ini posisi jantung dan juga otak menjadi sejajar sehingga aliran darah di tubuh bagian tengah menjadi lancar. Selain itu, posisi tangan pada lutut ini juga bisa melatih persendian khususnya tangan. Gerakan rukuk juga bisa menjadi salah satu latihan untuk mencegah terjadinya kanker prostat pada pria.

Manfaat Shalat untuk kesehatan yang paling dahsyat adalah pada posisi sujud. Dalam posisi ini jantung berada di posisi atas kepala yang membuat aliran darah yang kaya akan oksigen mengalir lancar menuju ke otak. Dengan demikian, supply darah ke otak tidak akan pernah kurang dan bisa membuat otak bisa berfikir dengan jernih. Selain fikiran menjadi jernih kecerdasan otak juga bisa bertambah. Khusus untuk wanita posisi sujud ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan organ reproduksi dan meningkatkan kesuburan. Memang manfaat dari Shalat ini sangat banyak dan sesuai dengan pengertian Shalat yaitu doa.

Advertisement