Pengertian Sosial Menurut Para Ahli

2042
Advertisement

Pengertian Sosial Menurut Para Ahli dapat dipahami sebagai sebuah sifat yang melekat pada setiap individu, di mana mereka cenderung untuk selalu berhubungan dengan orang lain.

Anda tentu sudah sering mendengar kata sosial kan? Namun, pasti sebagian dari Anda belum tahu apa arti kata sosial. Yang selama ini dilakukan adalah menyimpulkan sendiri maksud dari sosial berdasarkan berbagai hal yang telah dilakukan maupun dengan pengamatan. Pengertian Sosial secara sederhana adalah hidup berdampingan dengan orang lain. Untuk lebih memahami arti sosial, ada baiknya Anda mengetahui definisi sosial menurut para ahli yang akan dijelaskan pada paragraf di bawah ini.

Advertisement

Ruth Aylett berpendapat bahwa sosial merupakan sesuatu yang dipahami sebagai sebuah perbedaan namun tetap inheren dan terintegrasi. Dalam pengertian ini sosial dimaknai sebagai perbedaan yang ada dalam suatu komunitas, namun komunitas tersebut dapat terus bersatu. Sedangkan menurut Philip Wexler, definisi sosial adalah sifat dasar dari setiap individu manusia. Apabila digabung dengan pendapat Enda M. C yang mengatakan bahwa sosial merupakan cara tentang bagaimana para individu saling berhubungan, dapat dikatakan kalau sosial adalah sifat dasar setiap manusia untuk selalu berhubungan dengan orang lain.

Masih banyak tokoh lain yang mendefinisikan pengertian sosial, seperti Peter Herman yang berpendapat bahwa sosial adalah sesuatu yang dipahami sebagai suatu perbedaan namun tetap merupakan sebagai satu kesatuan. Sedangkan pendapat agak berbeda dikemukakan oleh Paul Ernest yang mengatakan jika sosial lebih dari sekedar jumlah manusia secara individu karena mereka terlibat dalam berbagai kegiatan bersama. Dari semua pengertian sosial menurut para ahli di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa manusia memiliki sifat tidak bisa hidup sendiri.

Nah, kalau tadi sudah dijelaskan beberapa arti sosial menurut para ahli, kesimpulan dari sosial adalah sebuah sifat dasar dari setiap manusia yang selalu ingin berhubungan dengan orang lain dalam hidupnya dan tetap berusaha agar bersatu di tengah perbedaan yang ada. Manusia memang tidak pernah bisa hidup sendiri, ia selalu membutuhkan bantuan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Misalnya seorang nelayan, ia tetap membutuhkan bantuan petani untuk memenuhi kebutuhan pokok, seorang yang kehabisan bensin di tengah jalan butuh bantuan orang lain untuk mendapatkan bensin dll. Semoga penjelasan kami tentang pengertian sosial ini semakin menambah pengetahuan Anda.

Advertisement