Pengertian Strategi Menurut Para Ahli

2644
Advertisement

Pengertian Strategi adalah taktik atau rencana yang disusun untuk mencapai sasaran dan tujuan yang sebelumnya telah ditentukan oleh sekelompok orang.

Strategi secara terminologi berasal dari kata strategia yang merupakan bahasa Yunani yang berarti “the art of general”. Kalimat tersebut bisa diartikan sebagai seni yang biasa digunakan oleh panglima dalam sebuah peperangan supaya kelompoknya bisa menang. Namun, pengertian dari strategi tentunya tidak sesederhana ini di masa sekarang. Maka dari itu, banyak ahli yang memberikan definisi dari strategi yang secara umum berkaitan dengan sebuah organisasi. Berikut ini beberapa tokoh yang mencoba mendefinisikan strategi yang perlu Anda ketahui supaya lebih paham tentang pengertian strategi.

Advertisement

Siagian (2004) memberikan definisi strategi sebagai serangkaian keputusan dan tindakan mendasar yang dibuat oleh manajemen puncak dan diimplementasikan oleh seluruh jajaran suatu organisasi dalam rangka pencapaian tujuan organisasi tersebut. Siagian lebih cenderung mengemukakan pendapatnya tentang bisnis. Dalam pengertian ini, strategi diartikan sebagai suatu keputusan atau kebijakan yang dibuat petinggi organisasi untuk mencapai tujuan organisasi dan kebijakan tersebut harus dilaksanakan oleh seluruh pihak dalam sebuah organisasi. Jelas di sini bahwa strategi memang dibuat untuk mencapai sasaran dan tujuan.

Tokoh lain yang juga mendefinisikan strategi adalah Stephanie K. Marrus. Strategi menurutnya merupakan suatu proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai. Pendapat ini tidak jauh beda dengan Craig & Grant (1996) yang mengartikan pengertian strategi adalah penetapan sasaran dan tujuan jangka panjang (targeting and long-term goals) sebuah perusahaan dan arah tindakan serta alokasi sumber daya yang diperlukan untuk mencapai sasaran dan tujuan (achieve the goals and objectives).

Dari berbagai pengertian strategi menurut para ahli di atas, secara umum strategi merupakan suatu teknik yang disusun untuk mencapai sebuah kemenangan atau tujuan tertentu. Strategi ini pada umumnya berkaitan dengan organisasi, di mana strategi dirancang oleh petinggi atau pemimpin organisasi supaya langkah yang dilakukan oleh organisasinya dapat mencapai sasaran ataupun tujuan jangka panjang dari organisasi. Bukan hanya di organisasi resmi seperti perusahaan, kita juga sering menggunakan strategi dalam kehidupan sehari-hari misalnya strategi mendapat nilai baik di ujian, strategi memenangkan pertandingan bola, dll.

Demikian beberapa Pengertian strategi yang bisa kami berikan. Baca juga Pengertian Iklan dan Pengertian Zakat. Semoga bermanfaat.

Advertisement