Pengumuman CPNS 2018 BKN Sebutkan Ada Penerimaan PNS

1572
Advertisement

Pengumuman CPNS 2015 BKN Sebutkan Ada Penerimaan PNS – Isi moratorium rekruitment CPNS oleh kementerian PAN-RB, selama 5 ke depan, sempat membikin geger masyarakat Indonesia khususnya Mahasiswa/i yang sudah selesai kuliah.

Akan tetapi, Badan Kepegawaian Negara (BKN) di jakarta menyatakan bahwa ternyata tahun depan masih ada tes Pengumuman CPNS 2015 .

Advertisement

KaBiro Humas BKN Tumpak Hutabarat menyebutkan bahwa sejumlah waktu lalu memang sempat ada kabar moratorium tes CPNS hingga 5 tahun ke depan.

“Moratorium tersebut bukanlah berarti berhenti total. Tahun 2015 masih ada pengumuman tes CPNS, ” katanya di Jakarta kemarin.

Meskipun begitu, KaBiro Humas BKN menyatakan usulan kuota tes CPNS tahun depan diperketat. Tumpak Hutabarat menerangkan instansi, khususnya Pemda/Pemkot/Pemprov, harus melihat dulu kemampuan nota keuangan APBD masing-masing.

Pemda dengan berbelanja pegawai sekitar 70 persen, dipastikan tidak bakal memperoleh alokasi CPNS baru.

“Daerah-daerah tersebut kita minta untuk fokus menata PNS dulu, ” jelas dia. Sebab dengan alokasi anggaran 70 persen untuk berbelanja pegawai, diasumsikan tidak butuh penambahan CPNS baru lagi. Kalau ditambah, maka anggaran pemda habis untuk gaji PNS Saja.

Terkait kapan pelaksanaan dan Pengumuman CPNS 2015 , KaBiro Humas BKN menuturkan pasti waktunya kapan. Dia menerangkan Pengumuman Tes CPNS 2015 dipastikan digelar sesudah rangkaian tes CPNS 2014 selesai seluruhnya. Meski kini mendekati pergantian tahun, Tumpak menyatakan ada sejumlah instansi yang belum melaksanakan tes CPNS 2014.

Selain itu, Kabiro BKN belum memberi penjelasan mengenai kuota tes CPNS 2015 nanti. Sebab panselnas CPNS 2015 bakal membikin regulasi permohonan kuota CPNS baru yang ketat.

Sementara disisi lain, Kabiro BKN Pusat juga menyebutkan bahwa perubahan penyelesaian tes CPNS 2014. Selain masih ada sejumlah instansi yang belum menjalankan tes kompetensi dasar (TKD), pemberkasan nomor induk pegawai (NIP) juga belum diproses.

“Meski ada instansi yang telah mengumumkan kelulusan TKD, tetapi belum ada prosedur pemberkasan NIP di BKN hingga kali ini, ” jelas Tumpak.

Kabiro BKN Tumpak menyebutkan bahwa pemberkasan NIP bagi CPNS yang lulus tes 2014 tidak harus selesai tahun ini juga. Untuk urusan gaji dihitung mulai NIP telah keluar, bukanlah ketika dinyatakan lulus ujian CPNS.

Khusus untuk instansi BKN sendiri, Tumpak menerangkan juga belum ada pemberkasan NIP untuk CPNS baru.

Advertisement