Contoh Pidato Singkat dan Teks Pidato

677

Contoh Pidato Singkat dan Isi Teks Pidato umumnya berisi penjelasan tentang sebuah event yang besar seperti hari pendidikan, upacara 17 Agustus, agar penjelasan tersampaikan maka pilihan kata harus jelas.

Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan sebuah pidato karena di setiap event atau moment seperti pernikahan perpisahan sekolah. Untuk mencari Contoh pidato singkat tidaklah sulit karena Anda bisa menemukannya di internet, buku tentang pidato dan lain sebagainya. Pidato memang merupakan sebuah kegiatan berbicara di depan publik atau menyampaikan sesuatu informasi di dalam sebuah forum, diatas mimbar dan lainnya. Pada umumnya orang yang menyampaikan pidato tersebut akan menyampaikan sebuah tema dan akan membawa sebuah konsep, teks, atau naskah yang sudah ditulis di secarik kertas. Tujuan membawa secarik kertas yang berisi tulisan tersebut digunakan agar di pembaca tidak lupa dan poin yang akan disampaikan dapat dengan lancar tersampaikan.

Mengenai Teks Pidato, tentunya hampir semua orang dapat merasakan namanya demam panggung ketika berhadapan di depan audiensi yang banyak. Pidato yang baik adalah pidato yang mempunyai dari awal hingga akhir berisi tentang kaidah yang benar dalam berpidato misalnya terdiri dari salam, pembuka, inti, penutup dan salam penutup. Contoh pidato singkat biasanya terdapat pada pidato perpisahan, pidato mengenai lingkungan hidup, pidato saat jalan santai dan lainnya. Selain itu, pidato yang baik merupakan pidato yang poin atau inti materi yang disampaikan dapat menyentuh hati para audiensnya serta bahasa yang digunakan tidak berbelit-belit namun jelas sehingga mudah dipahami. Itulah pidato yang baik dan ideal jika Anda ingin melakukan pidato didepan umum.

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan Nasional

Mengenai contoh pidato yang singkat akan dijelaskan beberapa pidato singkat di bawah ini. Pidato yang singkat biasanya pidato mengenai pendidikan, yakni ketika hari pendidikan atau hari 17 Agustus dan lainnya yang berkaitan dengan event pendidikan. Pada umumnya semua pidato sama sistematika penyusunannya, namun yang membedakannya adalah pada inti atau isi pidato yang akan disampaikan. Pertama kali yang harus dilakukan ketika melakukan pidato tentang pendidikan yaitu pembukaan pidato. Pada pembukaan pidato ini, Anda bisa menggunakan kalimat salam seperti Assalamualaikum Wr. Wb. atau selamat pagi, selamat malam dan lain sebagainya yang bisa digunakan untuk menyapa audiensi. Perlu Anda ketahui salam yang sudah dijelaskan pada contoh pidato singkat penting dilakukan agar kesopanan atau tata krama dalam berpidato semakin bagus.

Selanjutnya ketika berpidato di event pendidikan, setelah salam Anda harus menyapa audiens. Misalnya dengan mengungkapkan kata-kata hadirin yang saya hormati, siswa yang saya cintai dan sayangi. Tujuan penggunaan kalimat tersebut agar audiens merasa ada di dalam acara tersebut dan ikut andil di dalam memperingati peristiwa tersebut. Kemudian di dalam contoh pidato singkat setelah menyapa audiensi, sebaiknya Anda tidak melupakan kenikmatan yang Allah berikan karena Anda bisa berdiri dan menyampaikan inti pidato dihadapan audiensi. Contoh kalimat yang bisa Anda gunakan untuk melakukan puji syukur yaitu dalam kesempatan berbahagia ini, marilah kita melakukan puji syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dengan sehat dan berbahagia.

Selanjutnya yang Anda lakukan adalah menjelaskan atau menyampaikan isi pidato kepada audiens. Perlu Anda ingat, ketika Anda menyampaikan isi pidato, sebaiknya menggunakan kata atau kalimat yang jelas, bahasanya dapat dimengerti dan tidak menggunakan bahasa ilmiah yang menyulitkan pemahaman audiensi. Kata yang bisa digunakan untuk menyampaikan pidato bertema pendidikan yaitu sebenarnya tidak ada yang seorang yang memiliki ilmu pengetahuan yang lebih kecuali hanya Allah S.W.T. Perlu kalian ketahui bahwa ilmu yang kita miliki saat ini hanyalah titipan Allah sehingga kalian harus menggunakan ilmu yang kalian memiliki untuk jalan kebaikan agar kalian mendapatkan hidayah dan pahala dari Allah karena menuntut ilmu. Itulah contoh isi pidato singkat pada bagian inti, Anda bisa mengembangkan isi pidato secara lebih mendalam lagi.

Selanjutnya setelah Anda menyampaikan Contoh pidato singkat di bagian isi dengan jelas dan menggunakan kata-kata yang mudah dipahami, maka langkah selanjutnya yakni menyampaikan salam penutup. Akan tetapi salam penutup sebaiknya tidak langsung mengucapkan salam, melainkan harus ada kata penghubung yang menghantarkan pada kalimat tersebut. Misalnya demikian yang dapat saya sampaikan pada hari pendidikan ini, semoga apa yang dapat saya sampaikan dapat dipahami oleh siswa siswi dan hadirin yang datang untuk mengikuti upacara di hari pendidikan. Mudah-mudahan apa yang saya sampaikan merupakan bagian dari ilmu yang dapat bermanfaat bagi hadirin, untuk itu saya akhiri Wassalamualaikum Wr. Wb.

Berbagai Isi Contoh Pidato Singkat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa sistematika di dalam menyusun pidato sama yakni dimulai dari salam hingga salam penutup dan yang membedakan hanyalah pada inti pidato yang akan disampaikan. Berikut ini Teks pidato singkat mengenai kenakalan remaja pada zaman globalisasi seperti saat ini. Hadirin yang berbahagia, banyak kasus kenakalan remaja yang dapat kita lihat saat ini. Kenakalan remaja yang saat ini terjadi terutama bagi pelajar Indonesia yaitu ditandai dengan adanya pelajar yang mengkonsumsi minuman keras, maraknya genk motor di mana-mana, tawuran pelajar merajarela dan lainnya. Dari peristiwa kenakalan remaja tersebut sudah banyak korban jiwa yang berjatuhan dan mengalami kematian. Maka dari itu, bagi para orang tua awasi kegiatannya selama di rumah dan bagi pelajar janganlah mempunyai pikiran yang pendek dan sempit agar kalian dapat meneruskan cita-cita kalian, cita-cita orang tua dan cita-cita bangsa.

Selanjutnya untuk isi contoh pidato yang singkat kali ini akan dipaparkan mengenai bahaya narkoba. Isi pidato ini dapat Anda gunakan atau sampaikan ketika upacara pada hari Senin kepada siswa sekolah. Mengapa demikian? Karena siswa adalah orang yang paling rawan terkena dari dampak dan bahaya narkoba, terutama pelajar SMP dan SMA. Untuk kalimat yang baik digunakan pada bagian isi pidato seperti di negara Indonesia jumlah pemakai narkoba sangat banyak, salah satunya adalah pelajar. Pelajar yang sudah mengenal narkoba tentunya akan merusak segalanya, seperti keluarga, sekolah dan sistem-sistem pada tubuh manusia. Narkoba merupakan hal yang harus dijauhi karena setiap harinya ada orang yang meninggal dikarenakan mengkonsumsi narkoba. Itulah isi contoh pidato singkat yang bisa Anda kembangkan dengan kata-kata yang lebih baik lagi.

Contoh isi pidato singkat selanjutnya adalah contoh pidato mengenai perpisahan sekolah yang biasanya dibawakan oleh siswa SMP maupun SMA. Dengan menggunakan pilihan kata yang baik dan jelas serta dibawakan dengan pas, maka hasil pidato yang Anda bawakan dapat menyentuh audiensi bahkan audiensi dapat menangis mendengarkan Anda berpidato. Contoh pidato singkat mengenai perpisahan sekolah yang bisa Anda kembangkan lagi seperti dari awal pertemuan tentunya akhirnya pasti perpisahan. Karena ini merupakan perpisahan sekolah sehingga kita harus bersyukur karena kita masih diberi kesempatan berjumpa kembali, masih diberikan kesempatan untuk bercanda dan merangkai mimpi serta cita-cita bersama.

Itulah penjelasan mengenai sistematika penulisan contoh pidato singkat dan isi teks pidato singkat yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pidato di dalam mengisi sebuah acara. Perlu Anda ketahui sebaiknya di dalam menggunakan contoh pidato di atas, Anda mengembangkan menggunakan kata sendiri karena jika tidak menggunakan kata sendiri atau menghapal Anda bisa lupa. Selain itu sebaiknya sebelum melakukan pidato baju atau pakaian yang Anda kenakan harus pas, rapi dan sopan.

Baca Juga : Daftar SMA Terbaik di Indonesia

Demikian Contoh Pidato Singkat dan Isi Teks Pidato yang sudah dipaparkan diatas, semoga informasi dan contoh mengenai pidato singkat tersebut dapat membuat Anda berpikir kreatif untuk mengembangkan kata-kata yang sudah dicontohkan di atas. Terima kasih.