PMA Nomor 51 Tahun 2014 Tentang Nilai dan Kelas Jabatan Struktural dan Fungsional

2084
Advertisement

Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 51 Tahun 2014 – Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin Berkomitmen Untuk Menyejahterakan PNS Dilingkungan Instansinya Yang Segera Merealisasikan Pemberian Tunjangan Kinerja (Tukin) atau Remunerasi Bagi Pegawainya Dengan Menerbitkan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Nilai Dan Kelas Jabatan Struktural Dan Jabatan Fungsional Di Lingkungan Kementerian Agama Tertanggal 18 November 2014.

“Penerapan remunerasi di Kementerian Agama terkait besar-kecilnya tunjangan bagi pegawai negeri dilakukan dengan cara terukur dan juga transparan. Di depan peserta Implementasi Reformasi Birokrasi dan juga Implementasinya dalam Remunerasi di Makassar, Sulawesi Selatan. Lukman Hakim Saifudin Menteri Agama RI juga menyatakan bahwa besaran tunjangan mengacu pada dua perihal yaitu disiplin kerja dan juga kinerja pegawai yang bersangkutan.

Advertisement

”Disiplin bukanlah cuma disiplin masuk dan juga pulang kerja, tetapi berarti luas, ” ujarnya. Menurut Menag, kedisiplinan pegawai ini mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 53/2010 mengenai Disiplin PNS. Untuk mengukur kinerja pegawai, pihaknya memegang aturan dari Peraturan Pemerintah Nomor 46/2011 mengenai Penilaian Prestasi Kinerja PNS. Dari dua aturan tersebut, pegawai tidak cuma memperoleh penambahan tunjangan atas kinerjanya. Ujar Menag Lukman Hakim.

Nilai Jabatan merupakan hasil dari penjumlahan nilai faktor-faktor jabatan yang dievaluasi berlandaskan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kelas Jabatan dalam Tunjangan Kinerja (Tukin) Kemenag bisa dikatakan sebagai kedudukan yang memperlihatkan tingkat seseorang Pegawai Negeri Sipil atau PNS / CPNS dalam rangkaian susunan instansi pemerintahan yang walaupun berlainan dalam segala jenis pekerjaan, akan tetapi cukup setara dalam perihal tingkat kesulitan dan juga tanggung jawab, dan juga tingkat persyaratan kualifikasi pekerjaan yang dipakai selaku dasar penggajian.

Disisi lain, terkait dengan Evaluasi Jabatan adalah suatu prosedur (proses) untuk menilai suatu jabatan dengan cara sistematis dengan menggunakan kriteria-kriteria tertentu yang disebut selaku faktor jabatan terhadap informasi faktor jabatan untuk menentukan kelas jabatan seseorang PNS.

Download PMA Nomor 51 Tahun 2014 Disini

Aturan Lengkap Tentang Tunjangan Kinerja Kementerian Agama : (PMA Nomor 48 Tahun 2014 Tentang Jabatan Fungsional Umum, PMA Nomor 49 Tahun 2014 tentang Pemberian Penambahan dan Pengurangan Tunjangan Kinerja PNS,  PMA Nomor 51 Tahun 2014 tentang Nilai dan Kelas Jabatan Struktural dan Fungsional dan Surat Edaran Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor SE-56/PB/2014 tanggal 5 Desember 2014 Bisa Anda Download Disini.

Baca juga : Tata Cara Pembayaran dan Perhitungan Tunjangan Kinerja (Tukin) Kemenag

Advertisement