Profil dan Biodata Puan Maharani Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan

3284
Advertisement

Profil dan Biodata Puan Maharani Mentri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan – Putri Megawati Puan Maharani ialah Ketua DPP PDI-P Bidang Politik dan Hubungan Antar Lembaga tahun 2010 sampai dengan 2015 yang sekarang sudah menjadi Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Kabinet Kerja Jokowi JK

Puan Maharani ialah cucu dari Presiden Kesatu RI, Soekarno dan juga anak dari Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri dari pernikahannya dengan Ketua MPR RI yang ke-12, Taufiq Kiemas.

Advertisement

Puan Maharani telah mengenal dunia politik yang begitu sadis dan kejam semenjak usianya yang amat muda. Puan bergelar Sarjana Ilmu Komunikasi adalah lulusan dari Universitas Indonesia.

Seiring dengan perubahan masa / waktu, Puan Maharani semakin terlibat dalam prosedur politik. Pada masa pemilihan presiden tahun 2014, Puan terlibat aktif dalam pemenangan Presiden Jokowi Jk, sebagai imbalannya Jokowi mengangkat Puan Maharani sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Hal tersebut memang tidak terlampau mengherankan, sebab ketika ibunya, Megawati, men-jadi Presiden RI kepada periode tahun 2001 s.d. tahun 2004, Puan Maharani senantiasa berada di samping ibunya Megawati, baik ketika melaksanakan kunjungan resmi kebeberapa daerah ataupun menuju ke luar negeri. Sehingga tanpa disadari, aktivitas hal yang demikian telah memperkenalkan Puan Maharani menuju panggung politik.

Dengan mendampingi sang bunda Megawati, Puan Maharani makin familiar dan sangat dikenal di kalangan masyarakat Indonesia, teristimewa pada masyarakat politisi.

Nama Lengkap: Puan Maharani
Profesi: Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Kabinet Kerja Jokowi JK
Agama: Islam
Area Lahir: Jakarta
Tanggal Lahir: Hari kamis, 06 Bulan september 1973
Zodiac: Virgo
Warga Negara: Indonesia

PENDIDIKAN

Sarjana Komunikasi Universitas Indonesia.

KARIR

Ketua DPP PDI Perjuangan Politik dan juga Hubungan Antarlembaga tahun 2010 s.d. tahun 2015
Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRRI tahun 2009 s.d. tahun 2014
Anggota DPR RI, Anggota Komisi VI tahun 2009 s.d. tahun 2014
Anggota BKSAP/Badan Kerjasama Antarparlemen tahun 2009 s.d. tahun 2014
Anggota Panja Komisi VI Bidang Investasi dan UKM tahun 2009.

Baca Juga berita menarik lainnya : Biodata Nila Djuwita F. Moeloek Menteri Kesehatan dan Profil Rahmat Gobel Menteri Perdagangan Jokowi JK

Advertisement