Profil dan Biodata Sofyan Djalil Menko Perekonomian Asal Aceh

2567
Advertisement

Profil dan Biodata Sofyan Djalil Menko Perekonomian Asal Aceh – Presiden Indonesia Jokowi, akhirnya memilih Sofyan Djalil sebagai Menko Perekonomian di kabinet Kerja Jokowi JK. Sofyan Djalil memiliki banyak gelar melekat padanya, sehingga Sofyan Djalil memiliki gelar yang lengkap adalah Dr Sofyan A Djalil SH MA MALD. Sofyan Djalil pernah menjabat Menteri Komunikasi dan Informatika sejak bulan Oktober 2004 hingga bulan Mei 2007 di Kabinet Indonesia Bersatu Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla. Dalam satu proses perombakan (reshuffle kabinet), kurun waktu 2007 hingga 2009, Sofyan mengemban jabatan sebagai Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Indonesia pada kabinet serupa. Ia menggantikan Sugiharto.

Untuk Melihat Profil Semua Menteri di Kabinet Kerja Jokowi JK, Silahkan Baca : Profil Lengkap Kabinet Kerja Jokowi JK

Advertisement

Sofyan Djalil  sebagai seoarang laki-laki kelahiran Aceh, 23 Bulan september 1953 ialah sarjana hukum bidang hukum bisnis lulusan Universitas Indonesia Jakarta, pada tahun 1984. Lalu dua gelar master di bidang kebijakan publik (MA, tahun 1989) dan hubungan ekonomi internasional (MALD, tahun 1991), dan juga terakhir gelar doktor bidang studi “International Financial and Capital Market Law and Policy” (PhD, tahun 1993).

Tahun 1976, Sofyan Djalil hijrah menuju Jakarta. Kedatangannya menuju Jakarta terkait dengan keikutsertaan selaku delegasi Aceh dalam Muktamar Nasional Siswa Islam Indonesia (PII). Selama sekolah di madrasah, Sofyan ialah satu orang aktivis PII Aceh.

Pada tahun 1977, Sofyan Djalil mendapat pekerjaan selaku pengurus mesjid di Pusdiklat Kejaksaan Agung. Setahun lalu, yaitu pada tahun 1978, usai bekerja dia kuliah sore meneruskan pendidikannya di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH-UI) bidang studi hukum bisnis dan juga tamat kepada tahun 1983.

Sofyan Djalil berasal dari keluarga sederhana di Peureulak, Aceh Timur. Sofyan Djalil Sebagai Menteri BUMN era SBY-JK tahun 2007 s.d. Tahun 2009 ini sadar kemampuan ayahnya yang tukang cukur dan juga ibunya yang guru ngaji, sehingga ketika kecil mencari duit dengan menjual telor itik di daerahnya.

Suatu ketika, Sofyan Djalil berkenalan dengan Ratna Megawangi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) sampai mereka menjalani kehidupan keluarga dan kuliah di Amerika Serikat. Dari pernikahannya dengan Ratna, Sofyan dikaruniai tiga anak. (Rendy Adrikni Sadikin).

Biodata dan Profil Lengkap

Nama Lengkap: Sofyan Djalil
Tanggal Lahir: Aceh, 23 September 1953
Nama Istri: Ratna Megawangi

Riwayat Pendidikan

– Sarjana Hukum Bisnis Universitas Indonesia, Jakarta, S1 1984
– Master of Arts (MA) bidang studiPublic Policydari School of Arts and Sciences, Tufts University, Medford, Massachusetts, Amerika Serikat, S2 1989
– Master of Arts (M.A.) International Economic Relation, The Fletcher School of Law and Diplomacy, Tufts University, Medford, Massachusetts, AS, S2 1991
– Doktor bidang studi “International Financial and Capital Market Law and Policy” (PhD), The Fletcher School of Law and Diplomacy, Tufts University, Medford, Massachusetts, AS, S3 tahun 1993.

Riwayat Pekerjaan

– Anggota Tim Ahli, Komite Nasional Good Corporate Governance, Tahun 2001 – Sekarang
– Anggota Tim Pakar, Departemen Kehakiman dan HAM RI, Tahun 2001 – Sekarang
– Tim mediasi perundingan pemerintah RI dan GAM di Helsinki, Finlandia, Tahun 2004 – 2005
– Managing Partner, Sofyan Djalil & Partners,
– Komisaris Independen, PT Kimia Farma Tbk, Tahun 2003 s.d Sekarang
– Menteri Komunikasi dan Informatika, Tahun 2004 – 2007
– Menteri BUMN, Tahun 2007 – 2009

Baca Juga Informasi lainnya yaitu Profil Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) dan Profil dan Biodata Nila Djuwita F. Moeloek Menteri Kesehatan (Menkes). Sekian Informasi mengenai Profil dan Biodata Sofyan Djalil Menko Perekonomian Asal Aceh ini menjadi bermanfaat bagi kita semua

Advertisement