Resep Bakso Sapi

820
Advertisement

Resep Bakso Sapi cukup mudah dilakukan sendiri di rumah. Proses membuatnya memang tidak sebentar, namun makanan ini dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Bakso sapi berikut ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati bakso sapi spesial disamping Bakso goreng. Bakso merupakan salah satu #Kuliner khas Indonesia yang sangat populer. Makanan yang satu ini dapat dikatakan sebagai makanan yang merakyat. Harganya yang cukup terjangkau membuat semua orang dapat menikmatinya dengan mudah. Selain itu, untuk dapat menikmati bakso sapi yang enak tidak harus dengan cara membeli. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan rasa yang lebih nikmat. Bagaimana tidak nikmat, bakso sapi yang Anda nikmati merupakan bakso buatan tangan Anda.

Advertisement

Untuk Cara membuat bakso sapi sendiri sebenarnya tidaklah sulit, cara membuatnya cukup mudah. Walaupun membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pembuatannya, makanan yang satu ini sangat awet. Anda dapat menyimpan bakso sapi di dalam kulkas dan dapat memasaknya sesuai keinginan Anda. Dibanding harus membeli, membuat bakso sendiri tentunya terasa lebih nikmat dan lebih memuaskan. Anda bahkan dapat makan Bakso Sapi sebanyak mungkin sesuai selera Anda. Untuk cara pembuatannya, silakan simak ulasan berikut ini.

Sebelum membahas terkait Cara Membuat Bakso, Anda harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bakso sendiri memerlukan 3 bahan yang harus disiapkan. Antara lain yaitu bahan untuk pentol bakso, kuah bakso dan juga pelengkap.

Untuk bahan pentol bakso antara lain yaitu:

  • Telur ayam 1 butir
  • Bawang putih 500 gram
  • Es batu 50 gram
  • Lada bubuk 1 sendok teh
  • Tepung kanji 100 gram
  • Daging sapi 500 gram

Bahan kuah antara lain:

  • Air bersih 3 liter
  • Bawang putih ┬╝ kg (haluskan)
  • Lada bubuk, gula pasir dan garam secukupnya
  • Pala bubuk 1 sendok teh
  • Tulang sapi atau kaldu sapi secukupnya

Bahan pelengkap:

  • Mi bihun secukupnya (rebus, setelah mengembang tiriskan)
  • Daun seledri secukupnya
  • Daun bawang secukupnya
  • Bawang goreng secukupnya
  • Kecap manis dan juga saus tomat secukupnya

Ini dia resep bakso sapi yang enak dan spesial:

  1. Giling bahan pentol bakso

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan yaitu menggiling semua bahan untuk pentol bakso. Anda dapat menggunakan mesin penggiling daging yang banyak dijual di pasaran. Namun jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat menggilingkan daging ini di tempat penggilingan daging umum. Jika Anda menggilingnya sendiri i rumah, campur semua bahan lalu giling sampai halus dan tercampur merata.

  1. Bentuk bulat dan rebus

Setelah menjadi adonan yang halus dan tercampur merata, bentuk adonan menjadi bentuk bulat. Agar tidak lengket satu sama lain, langsung saja masukkan pentol bakso yang masih mentah tersebut ke dalam air panas. Sebaiknya rebus air panas terlebih dahulu di panci, setelah mendidih gunakan untuk merebus pentol bakso.

  1. Rebus hingga mengambang

Resep bakso sapi selanjutnya yaitu rebus pentol bakso tersebut hingga mengambang. Masukkan pentol bakso secukupnya saja ke dalam panci, jika terlalu penuh maka bentuknya kurang cantik. Jika sudah mengambang, angkat dan tiriskan Bakso Sapi.

  1. Masak kuah bakso

Campur semua bahan lalu rebus menggunakan panci. Rebus sampai mendidih dan coba cicipi terlebih dahulu. Jika dirasa sudah cukup enak dan pas maka kecilkan api.

  1. Sajikan di mangkuk

Bakso sapi yang enak dan spesial siap disajikan, siapkan mangkuk sebagai tempat atau wadah. Selanjutnya masukkan mi bihun, daun seledri, daun bawang, bawang goreng dan pentol bakso. Siram menggunakan kuah bakso, tambahkan kecap dan saus sesuai selera. Bakso sapi siap dihidangkan, nikmati bersama keluarga akan terasa lebih nikmat.

Baca Juga : Cara Membuat Roti Kacang

Itulah cara membuat bakso yang enak dan spesial yang mudah untuk Anda lakukan. Anda dapat menyimpan pentol bakso ini di dalam kulkas atau lemari es agar bertahan lebih lama. Jika tidak, Anda dapat mengukusnya kembali agar tidak mudah basi. Demikian resep bakso sapi yang enak dan lezat serta mudah dilakukan.

Advertisement