Resep Donat Empuk Tanpa Kentang

852
Advertisement

Resep Donat Empuk Tanpa Kentang patut untuk Anda coba di rumah. Resep donat yang satu ini sangat sederhana namun donat yang dihasilkan tetap enak dan empuk.

Donat berikut ini merupakan salah satu resep kue enak yang sangat direkomendasikan untuk Anda. #Resep donat berikut ini sangat sederhana, tidak menggunakan bahan campuran seperti kentang ataupun ubi-ubian. Walaupun sederhana, namun hasilnya tidak kalah dengan resep donat lainnya. Donat yang dihasilkan tetap memiliki tekstur yang empuk dan rasa yang sangat enak. Donat memang merupakan salah satu jenis kue sederhana yang sangat populer. Makanan yang satu ini bahkan banyak dijual di pasaran dengan harga yang bervariasi.

Advertisement

Bagi Anda yang ingin membuat donat sendiri, Anda dapat mencoba menyimak dan mengikuti Resep Donat Empuk berikut. Membuat donat sendiri di rumah memang merupakan pilihan bijak untuk Anda lakukan. Makanan yang satu ini dapat bertahan beberapa hari, tidak mudah busuk. Terlebih lagi jika disimpan di dalam lemari es ataupun digoreng kembali. Jadi dengan membuatnya sendiri, Anda dapat menikmati donat empuk kapan saja Anda inginkan. Yang terpenting, membuat donat sendiri juga dapat menghemat uang jajan Anda.

Berikut ini adalah resep donat bukan Donat Kentang ataupun tanpa campuran bahan lainnya. Resep donat berikut merupakan resep donat paling sederhana yang sangat mudah untuk dilakukan. Sebelum itu, siapkan bahan-bahan berikut ini:

  • 550 gram tepung terigu
  • 50 gram susu bubuk
  • 100 gram gula pasir (haluskan)
  • 3 butir telur ayam
  • 75 gram mentega
  • 2 sendok teh ragi instan
  • 225 ml air hangat

Itulah bahan-bahan yang Anda perlukan untuk membuat donat sederhana yang empuk dan enak. Setelah menyiapkan bahan-bahan tersebut, Anda dapat segera membuat donat empuk tanpa kentang.

Cara membuat donat empuk tanpa kentang:

  1. Campur bahan

Siapkan sebuah baskom berukuran besar untuk menguleni adonan. Masukkan tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, telur, mentega dan ragi instan. Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur merata. Sambil terus diaduk, tuang air hangat secara perlahan ke dalam adonan. Tuang dan perhatikan tekstur adonan, jika dirasa sudah cukup maka tidak perlu menambah air lagi.

  1. Uleni adonan

Resep donat empuk selanjutnya yaitu uleni adonan tersebut sampai tercampur merata dan menjadi kalis. Uleni selama 30 menit hingga 1 jam, banting-banting agar cepat kalis.

  1. Diamkan

Selanjutnya, diamkan adonan selama 1 jam agar mengembang. Diamkan adonan tersebut di tempat yang tertutup, gunakan kain basah jika diperlukan.

  1. Cetak adonan

Langkah berikutnya setelah adonan didiamkan selama 1 jam, Anda dapat mencetak adonan. Gilas adonan sampai memiliki ketebalan sekitar 1 cm. Setelah itu cetak menggunakan cetakan donat, atau Anda dapat mencetaknya secara manual. Diamkan kembali selama 30 menit di wadah yang tertutup.

  1. Goreng

Langkah berikutnya yaitu goreng adonan menggunakan minyak panas. Usahakan agar minyak tidak terlalu panas, gunakan api yang kecil. Goreng donat sampai matang, dapat dilihat jika warnanya sudah berubah menjadi kuning kecokelatan. Setelah matang, angkat donat lalu tiriskan.

  1. Sajikan

Langkah terakhir dalam membuat donat enak dan empuk tanpa donat yaitu olesi donat menggunakan mentega. Taburkan meises atau keju atau gula bubuk, pilih sesuai selera Anda. Jika sudah, Anda dapat menata donat empuk di piring lalu menyajikannya.

Baca Juga : Resep Bakso Sapi

Bagi Anda yang berniat ingin menikmati donat enak dan empuk tanpa kentang, Anda wajib mencoba resep ini. Donat tanpa kentang memiliki rasa yang enak dan juga empuk, tidak kalah dengan donat kentang. Resep donat yang satu ini juga sering disebut sebagai resep donat kampung. Yaitu resep donat yang sudah banyak digunakan sejak jaman dahulu sebagai Kue Jajanan, sebelum muncul berbagai variasi jenis donat. Jadi untuk rasanya, resep donat empuk ini tidak perlu diragukan lagi.

Advertisement