Resep Kue Tambang Goreng Manis Istimewa

477
Advertisement

Resep Kue Tambang Goreng merupakan resep camilan ringan sudah ada sejak zaman nenek moyang. Rasanya enak dan gurih membuat kue tambang menjadi pilihan keluarga di setiap suasana.

Kue tambang terkenal dengan namanya yaitu untir-untir yang memiliki bentuk berbelit-belit. Kue tambang merupakan salah satu kue jajanan pasar yang sangat populer bahkan di seluruh daerah Indonesia. Terdapat kue ini meskipun dengan berbagai bentuk varian rasa dan bentuk. Meskipun kue untir-untir dibuat dengan berbagai variasi bentuk dan rasa, namun tetaplah dapat dikenali karena bahan pembuatan Kue Tambang Goreng sama. Hanya saja, terkadang rasa yang dibubuhkan berbeda.

Advertisement

Namanya saja kue tambang, pastinya bentuk motifnya juga seperti tambang. Terdapat dua jenis kue tambang yaitu kue tambang yang motifnya polos dan kue tambang yang dibuat seperti mie yang dibuat dengan warna dan tampilan yang menarik. Resep kue tambang goreng atau kue untir-untir biasanya disajikan pada saat lebaran bahkan untuk makanan cemilan menemani nonton TV bersama keluarga. Anak-anak sangat menyukai kue ini karena rasanya yang renyah bentuknya juga unik sehingga menjadi pilihan nomor satu bagi anak-anak.

Bagi Anda yang tertarik ingin membuat kue tambang, jangan khawatir sulitnya padahal cara pembuatannya mudah, Tidak sesulit membuat Donat JCO. Bahan yang diperlukan juga banyak tersedia, alat yang digunakan resep kue tambang goreng sangat sederhana, proses pembuatannya juga sangat simpel. Karena cara pembuatannya mudah membuat orang berinisiatif untuk menjadikan kue tambang ini menjadi lahan bisnis yang cukup menguntungkan. Anda penasaran? Ikuti pembahasan yang akan saya berikan berikut ini yang sama ambil dari Blog Resep Masak Apa Hari Ini.

Bahan kue tambang goreng:

  • 2 butir telur
  • 100 gram tepung gula
  • 250 gram tepung terigu
  • 50 gram margarin
  • ¼ gram sendok teh soda kue
  • ¼ sendok teh garam
  • ¼ baking powder

Cara Membuat Kue Tambang Goreng Manis Istimewa:

  1. Pertama-tama, ayak dahulu tepung terigu, soda kue serta baking powder agar bahan dalam satu wadah agar menjadi halus saat nanti dicampur.
  2. Berikutnya, masukkan margarin dan diaduk hingga adonan merata, setelah merata tambahkan telur dan garam sambil diaduk hingga merata dan didiamkan selama 15 menit.
  3. Berikutnya, ambil 2 sendok teh adonan dan tarik memanjang serta dipelintir seperti bentuk tambang atau untir-untir dengan cara bagian ujungnya di tekan menjadi satu sambil dipelintir.
  4. Langkah terakhir goreng pada minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang dan tunggu hingga warnanya berubah serta kering. Kemudian angkat dan tiriskan sampai minyaknya tidak ada yang menempel.

Resep kue tambang goreng proses pembuatannya berbeda dengan Martabak manis atau kue lainnya yang dikukus atau di panggang, kue ini hanya cukup digoreng dengan api yang sedang. Kue untir-untir merupakan kue yang memiliki rasa renyah serta teksturnya yang keras dan sedikit empuk. Kue ini merupakan camilan tradisional sejak nenek moyang dan sampai saat ini masih dipertahankan. Meskipun sudah berkembang dari rasa bentuknya namun kue ambang tetap menjadi pilihan favorit keluarga Anda di rumah.

Kue tambang merupakan kue yang diminati oleh anak-anak sehingga saat lebaran kue ini banyak dibeli bahkan dibuat untuk disuguhkan kepada tamu pada saat lebaran. Demikian sekilas pembahasan mengenai resep kue tambang yang renyah. Jika Anda belajar untuk mempraktekkan resep ini di rumah dengan baik dan benar sesuai prosedur, saya yakin hasilnya dapat maksimal sesuai dengan harapan Anda. Sekian dan terima kasih, selamat mencoba Resep Kue Tambang Goreng Manis Istimewa renyah dan enak.

Advertisement