Resep Membuat Pancake Praktis Spesial

1105
Advertisement

Resep Membuat Pancake Praktis Spesial yang sederhana sangat mudah. Bahan toping yang digunakan juga bisa disesuaikan dengan selera Anda yang akan memakannya.

Pancake sekarang ini banyak sekali di sukai, bahkan resep pancake juga banyak dicoba. Kue pancake ini juga sering disebut juga dengan kue penekuk. Pancake atau penekuk ini sebenarnya sudah ada sejak zaman Romawi Kuno, kebanyakan orang Romawi menjadikan kue ini sebagai hidangan pembuka ataupun hidangan penutup. Rasanya yang manis memang sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan pembuka ataupun penutup. Bentuknya yang pipih ini membuat kue ini tidak cukup hanya satu potong saja, oleh karena itu kue ini juga sering disajikan dalam bentuk bertumpuk.

Advertisement

Selain Donat, Pancake spesial yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai makanan utama. Di Inggris banyak orang yang menggunakan pancake ini untuk makanan utama dengan toping daging ataupun keju. Kue ini juga sangat mengenyangkan jika disajikan dalam porsi yang cukup besar. Hal menarik dari pancake adalah toping yang digunakan. Kue penekuk ini bisa dipadukan dengan berbagai toping sesuai dengan selera. Untuk membuat pancake yang paling sederhana biasanya toping yang digunakan hanya gula ataupun coklat saja. Jika Anda ingin rasa yang lain bisa menambahkan toping lainnya sesuai dengan selera Anda.

Dalam resep pancake praktis yang sederhana ini akan diberikan bagaimana cara membuat pancake yang enak dengan menggunakan toping yang sederhana. Untuk membuatnya, Anda memerlukan beberapa bahan. Berikut adalah beberapa bahan yang dibutuhkan:

  • Tepung terigu berprotein sedang 100 gram
  • Susu cair rasa vanila 250 ml
  • Kuning telur 1 butir
  • Garam secukupnya
  • Mentega atau minyak goreng secukupnya
  • Es krim dan sirup untuk toping

Setelah semua bahan siap, Anda tinggal membuat Pancake ini dengan langkah-langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama, yaitu siapkan wadah dan ayak tepung terigu sampai tidak ada gumpalannya. Kemudian masukkan garam, susu, dan juga kuning telur ke dalam wadah yang sudah terdapat tepungnya. Aduk sampai merata dengan menggunakan mixer ataupun dengan cara manual. Jika menggunakan mixer gunakan dengan kecepatan yang paling rendah. Setelah tercampur rata sisihkan adonan.
  2. Satu butir putih telur yang sudah dipisahkan dikocok dengan menggunakan mixer ataupun manual sampai kaku. Jangan sampai ada kuning telur yang tercampur agar mendapatkan kaku yang sempurna.
  3. Setelah kaku, masukkan adonan yang sudah disisihkan tadi ke dalam adonan putih telur, sambil di aduk sampai rata. Untuk mengaduknya cukup dengan menggunakan garpu saja. Untuk mencampurkan adonan tepung dan putih telur dengan cara memasukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan tepung terigu. Aduk sampai halus.
  4. Langkah selanjutnya dalam resep membuat pancake yaitu memanaskan pan atau wajan yang akan digunakan untuk memanggang. Olesi dengan sedikit mentega atau minyak goreng, tunggu sampai panas dan kecilkan api. Masukkan adonan dengan ukuran 2 sampai 3 sendok makan. Masak sampai kecokelatan.
  5. Lakukan cara ini sampai adonan habis. Setelah selesai, tata pancake yang sudah matang di atas piring dengan cara bertumpuk dan taruh es krim di atasnya. Agar lebih lezat siramkan sedikit sirup atau madu di atas es krim

Untuk mendapatkan pancake yang enak, kunci utamanya yaitu dalam pemisahan telur. Dalam membuat pancake hanya kuning telurnya saja yang digunakan jadi Anda harus memisahkannya dengan benar. Jangan sampai putih telur tercampur dalam adonan karena bisa mempengaruhi tekstur dari pancake sendiri. Jika Anda suka dengan rasa yang manis bisa tambahkan gula halus ataupun gula pasir dalam adonan. Untuk rasa yang lebih lezat gunakan toping yang memang benar-benar Anda sukai. Pancake ini sangat cocok untuk dimakan ketika masih hangat atau panas.

Advertisement