Tanda Tanda Kiamat Besar dan Kecil Sudah Dekat

1743

Tanda Tanda Kiamat – Sesungguhnya setiap makhluk yang bernyawa, apakah manusia, binatang, ataupun tumbuh-tumbuhan pasti memiliki tanda dari akhir kesudahan hidupnya di dunia ini. Tanda-tanda bahawa kematian seorang Manusia sudah dekat adalah rambut beruban, tua, sakit, lemah. Demikian juga dengan alam semesta ini, memiliki tanda-tanda akhir masanya seperti kehancuran dan juga kerusakan.

Bagaimana dengan Tanda Kiamat Besar dan Kecil Sudah Dekat yang sebenarnya? Tentu saja di hari kiamat lebih dahsyat dan mengerikan. Alquran juga banyak menyebutkan mengenai peristiwa di hari kiamat. Terjadinya kiamat adalah perihal yang gaib, cuma Allah SWT saja Yang tahu. Tidak satu pun dari makhluk-Nya me-ngetahui kapan akan terjadi kiamat, baik para nabi maupun malaikat. Allah SWT. Berfirman, “Sesungguhnya Allah, cuma kepada sisi-Nya sajalah pengetahuan mengenai Hari Kiamat. ” (Luqman 34)

3 Tanda Tanda Kiamat Di Mekah yang Sudah Muncul

1. Bangunan Tinggi Melebihi Gunung

Bangunan Mekkah

Nabi umat Islam yaitu Baginda Nabi Besar Muhammad SAW mengabarkan kepada kita bahwa salah satu tanda bahwa kiamat sudah dekat adalah ketika di banyak bangunan yang tingginya melebihi gunung.

Dalam sebuah Hadits oleh Ibnu Syaibah meriwayatkan dengan sanadnya sampai kepada Ya’la ibn Atha’ dari ayahnya, dia berkata: pada suatu hari, aku menuntun tali kekang onta Abdullah ibn Amr, lalu beliau berkata:

“Apabila kalian telah melihat galian-galian besar di Mekah, dan bangunan-bangunannya menjulang tinggi melebihi pegunungannya, maka ketahuilah bahwa kiamat telah mendekatimu.” (HR. Ibnu Abi Syaibah dan al-Arzaqi)

2. Gunung-Gunung di Mekah (Saudi Arabia) Mulai Berlubang

Gunung-Gunung di Mekah (Saudi Arabia) Mulai Berlubang

Nabi Muhammad SAW juga menjelaskan bahwa kiamat tidak akan terjadi sampai gunung-gunung di Kota Mekah itu berlubang. Hal ini tentu sangatlah sulit dipahami oleh masyarakat ketika itu. Namun ternyata hal itu sudah terjadi saat ini.

Gunung-gunung di Mekah kini sudah berlubang dalam bentuk terowongan. Mekkah juga dijuluki Kota Terowongan karena memiliki puluhan terowongan. Pada tahun 2011 silam saja, Mekkah memulai pembangunan 55 terowongan melalui pegunungan dan juga sejumlah ruas jalan.

Rasulullah SAW bersabda “Jika kamu lihat gunung-gunung di Mekkah ada lubang yang menembusinya”.

3. Bayangan Ka’bah Tidak Lagi Tampak

Bayangan Kabah Tidak Lagi Tampak

Nabi Muhammad SAW juga pernah bersabda bahwa kiamat itu akan terjadi jika Al-Sa’ah telah membentang bayangannya sehingga bayangan Kabah tidak lagi tampak. Al-Sa’ah merupakan salah satu dari pengertian kiamat.

Sementara di Arab, Al-Sa’ah juga dimaksud sebagai jam. Karena itu, Sheikh mengartikan secara langsung waktu kiamat yang hampir juga terjadi apabila bayang menara jam menutupi Kabah. (dream.co.id)

Tanda Tanda Kiamat Besar

Tanda tanda kiamat Kubra sudah dekat yaitu peristiwa dimana kiamat sudah dekat dan juga mayoritas tanda kiamat belum muncul, seperti munculnya Imam Mahdi, Nabi Isa, Dajjal, Ya’juj dan juga Ma’juj.

Ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits Nabi SAW yang menyebutkan tanda-tanda kiamat besar di antaranya adalah sebagai berikut:

Hingga apabila dia sudah sampai di antara 2 (dua) buah gunung, dia mendapati di hadapan ke (2) dua bukit itu suatu kaum yang hampir tak mengerti pembicaraan. Mereka berkata, “Wahai Dzulqarnain, sesungguhnya Ya’juj dan juga Ma’juj itu orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi Allah ini, maka dapatkah kami memberikan sesuatu pembayaran kepadamu, supaya kamu membuat dinding antara kami dan juga mereka?” Dzulqarnain berkata, “Apa yang telah dikuasakan oleh Tuhan ku kepada ku terhadapnya adalah hal yang lebih baik, maka tolonglah aku dengan kekuatan (manusia dan juga alat-alat), agar aku membuatkan dinding antara kamu dan mereka.” (Al-Kahfi: 82)

“Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari perut bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.” (An-Naml: 82)

Dari Hudzaifah bin Usaid Al-Ghifari ra, berkata: Rasulullah SAW muncul di tengah-tengah kami pada saat kami saling mengingat-ingat. Rasulullah SAW bertanya, “Apa yang sedang kamu ingat?” Para Sahabat menjawab, “Kami mengingat hari kiamat.” Rasulullah SAW bersabda,”Kiamat tidak akan terjadi sebelum engkau melihat 10 tandanya.” Kemudian Rasulullah SAW menyebutkan: Dukhan (kabut asap), Dajjal, binatang (pandai bicara), matahari terbit dari barat, turunnya Isa as. Ya’juj Ma’juj dan tiga gerhana, gerhana di timur, barat dan Jazirah Arab dan terakhir api yang keluar dari Yaman mengantar manusia ke Padang Mahsyar. (HR Muslim)

Dari Abdullah bin Mas’ud ra. berkata, Rasulullah SAW bersabda, ”Hari tidak akan berakhir, dan tahun belum akan pergi sehingga bangsa Arab dipimpin oleh seorang dari keluargaku, namanya sama dengan namaku.” (HR Ahmad)

Perbedaan antara tanda-tanda kiamat kecil dan kiamat besar (qubra) adalah:

  1. Tanda kiamat kecil secara umum datang lebih dahulu dari tanda-tanda kiamat besar.
  2. Tanda kiamat kecil sebagiannya telah terjadi, sebagiannya tengah terjadi dan juga sebagiannya bakal akan terjadi. Sedangkan tanda-tanda kiamat besar belum terjadi.
  3. Tanda kiamat kecil bersifat biasa dan juga tanda kiamat besar bersifat luar biasa.
  4. Tanda kiamat kecil berupa peringatan agar manusia sadar dan juga bertaubat. Sedangkan kiamat besar kalau telah datang, maka tertutup pintu taubat.
  5. Tanda kiamat besar kalau muncul satu tanda, maka bakal diikuti tanda-tanda yang lainnya. Dan juga yang pertama adalah muncul adalah terbitnya matahari dari Barat.