Tata Cara Pembayaran dan Perhitungan Tunjangan Kinerja (Tukin) Kemenag

3050
Advertisement

Idjoel.com – Pembayaran Tunjangan Kinerja di Jajaran Kementerian Agama melalui dokumen pelaksanaan anggaran/DIPA satuan kerja dengan syarat dan tata cara sebagai berikut:

1. Persyaratan Administratif Pencairan Tunjangan Kinerja

  1. Surat Pernyataan Pegawai Atas Penerimaan Tunjangan Kinerja
  2. Daftar Pemotongan Tunjangan Kinerja Pegawai per bulan
  3. Daftar Nominatif Pembayaran Tunjangan Kinerja Pegawai per Bulan
  4. Rekapitulasi Daftar Pembayaran Tunjangan Kinerja Pegawai
  5. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM)
  6. Surat Setoran Pajak Penghasilan Pasal 21 (SSP PPh Ps 21)
Advertisement

2. Tata Cara Perhitungan Tunjangan Kinerja

  1. Perhitungan Tunjangan Kinerja
  • Pelaksana perhitungan Tunjangan Kinerja pada masing-masing satuan kerja/unit kerja menyusun Daftar Pemotongan Tunjangan Kinerja Pegawai per bulan (format sebagaimana pada Lampiran 2).
  • Pelaksana perhitungan Tunjangan Kinerja kemudian menyampaikan Daftar Pemotongan Tunjangan Kinerja Pegawai per bulan kepada PPK, dengan melampirkan: (1) SK penetapan kelas jabatan masing-masing pegawai dan (2) Surat Pernyataan Pegawai Atas Penerimaan Tunjangan Kinerja (format sebagaimana pada Lampiran 1).
  • Berdasarkan Daftar Pemotongan Tunjangan Kinerja Pegawai per bulan yang diterima oleh PPK, PPABP membuat Daftar Nominatif Pembayaran Tunjangan Kinerja Pegawai per bulan, termasuk perhitungan pajak (format sebagaimana pada Lampiran 3) dan Rekapitulasi Daftar Pembayaran Tunjangan Kinerja Pegawai, termasuk perhitungan pajak (format sebagaimana pada Lampiran 5).

3. Tata Cara Pencairan Tunjangan Kinerja

  • Pengajuan SPP-LS Tunjangan Kinerja, PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) mengajukan SPP-LS Pembayaran Tunjangan Kinerja kepada PPSPM dengan melampirkan:
  1. Daftar Nominatif Pembayaran Tunjangan Kinerja Pegawai per Bulan;
  2. Rekapitulasi Daftar Pembayaran Tunjangan Kinerja Pegawai untuk kebutuhan setiap bulan;
  3. SPTJM yang ditandatangani PPK (format sebagaimana pada Lampiran 4);
  4. SSP PPh Ps 21.
  • Penerbitan SPM-LS oleh PPSPM, Atas dasar SPP-LS Pembayaran Tunjangan Kinerja yang diajukan oleh PPK, PPSPM menerbitkan Surat Perintah Membayar Langsung kepada Bendahara Pengeluaran (SPM-LS Bendahara), kemudian menyampaikan SPM-LS dimaksud kepada KPPN dengan melampirkan:
  1. Rekapitulasi Daftar Pembayaran Tunjangan Kinerja Pegawai untuk kebutuhan setiap bulan;
  2. SSP PPh Ps 21.

4. Tata Cara Pembayaran Tunjangan Kinerja

Berdasarkan SPM-LS Pembayaran Tunjangan Kinerja yang diajukan oleh PPSPM, KPPN menerbitkan SP2D, sebagai dasar dana Tunjangan Kinerja ditransfer dari Kas Negara ke rekening BP (Bendahara Pengeluaran). Selanjutnya BP (Bendahara Pengeluaran) melakukan pembayaran Tunjangan Kinerja melalui transfer ke rekening pegawai sesuai dengan Daftar Nominatif Pembayaran Tunjangan Kinerja Pegawai per Bulan. Dalam hal terdapat sisa uang pembayaran Tunjangan Kinerja Bendahara Pengeluaran mengembalikan ke Kas Negara.

Apabila setelah ditransfer ke rekening pegawai, diketahui ada selisih (kelebihan pembayaran) maka pegawai wajib mengembalikan kepada Bendahara Pengeluaran paling lambat 1 (satu) bulan setelah pemberitahuan kelebihan. Apabila dalam waktu yang ditentukan pegawai tidak menyetorkan kelebihan uang Tunjangan Kinerja, maka akan diperhitungkan pemotongan dari Tunjangan Kinerja bulan berikutnya.

5. Tahap Pelaksanaan Pencairan Tunjangan Kinerja

  • Pencairan Tunjangan Kinerja dilakukan dalam 2 (dua) tahap: (1) Tahap pertama, pencairan Tunjangan Kinerja untuk bulan Desember 2014 dan (2) Tahap kedua, pencairan Tunjangan Kinerja untuk bulan Juli, Agustus, September, Oktober dan November 2014 secara Rapel.
  • Pengajuan pencairan Tunjangan Kinerja Tahap kedua disampaikan kepada KPPN setelah terbit SP2D pembayaran Tunjangan Kinerja bulan Desember (Tahap pertama).
  • Pembayaran Tunjangan Kinerja untuk Tahun 2015 dan selanjutnya berlaku ketentuan normatif yang diajukan pencairannya setiap bulan.
  • Pembayaran Tunjangan Kinerja untuk tahun 2014 belum berlaku ketentuan penambahan yang disebabkan oleh prestasi pegawai.

Aturan Lengkap Tentang Tunjangan Kinerja Kementerian Agama Bisa Anda Download Disini.

Demikian Tata Cara Pembayaran dan Perhitungan Tunjangan Kinerja (Tukin) Kemenag. Terima Kasih

Advertisement