Tempat Wisata Di Cianjur Terbaik Dikunjungi

421
Advertisement

IDJOEL.COMJika Anda berkunjung ke Cianjur, jangan hanya terpaku pada Tempat Wisata Di Cianjur sebelah utara yang berbasis pegunungan. Di Cianjur selatan ada juga pantai-pantai yang patut dikunjungi.

Tempat Wisata Di Cianjur Terbaik Dikunjungi ada banyak sekali jumlahnya. Daerah Cianjur yang didominasi oleh kawasan pegunungan diberkahi oleh potensi wisata yang melimpah. Banyak Tempat Wisata Di Cianjur yang Murah dan menarik banyak wisatawan tiap tahunnya. Terutama bagi para pengunjung dari kota yang ingin refreshing dan mengembalikan kesegaran tubuh. Cianjur menjadi tempat pilihan yang tepat. Di artikel kami kali ini kami akan membagikan informasi seputar beberapa Lokasi Wisata Di Cianjur Jabar yang menjadi primadona. List berikut ini bisa untuk Anda jadikan pedoman saat liburan Lebaran nanti ingin berwisata alam bersama keluarga atau bersama teman-teman lama.

Advertisement

1. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas Wisata Cianjur

Kebun Raya Cibodas barangkali salah satu tempat wisata alam yang paling terkenal di Jawa Barat. Tempat ini sangat cocok untuk Anda rehat dengan mengihup udara segar sebab kawasan seluas 125 hektar ini dipenuhi oleh hamparan pepohonan dan kawasan hijau yang belum terkena polusi. Sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga dalam rangka piknik. Tak hanya itu, tempat wisata yang beralamat di Jalan Kebun Raya Cibodas di daerah Cipanas, Cianjur ini juga bisa menjadi tempat terbaik untuk anak-anak Anda mengenal keanekaragaman hayati Indonesia.

Sama halnya dengan Tempat Wisata Di Pekanbaru, Kebun Raya Cibodas terkenal dengan koleksi botaninya yang terbilang cukup banyak. Lebih tepatnya 10.792 koleksi tanaman dengan total 4.852 koleksi herbarium dan ditambah dengan 700-an jenis koleksi biji-bijian. Semua terdapat baik di koleksi yang terdapat di rumah kaca maupun yang terdapat di kebun outdoor. Khusus di dalam rumah kaca ada 169 jenis sukulen, 289 jenis kaktus, dan 320 jenis anggrek. Ada juga 1.104 jenis tanaman khas yangs ebagian besar adalah tanaman obat, tanaman tua, hingga bunga raksasa. Puaskan juga diri Anda untuk mengunjungi keindahan Air Terjun Ciismun di kaki kebun raya. Tertarik?

2. Situs Gunung Padang

Situs Gunung Padang Objek Wisata Cianjur

Situs gunung yang satu ini kemarin sempat menghebohkan media dengan beragam spekulasi dan teori atas usia peradaban yang terkandung di kawasan tersebut yang disebut-sebut lebih tua ketimbang piramida Mesir. Yang jelas Situs Gunung Padang merupakan situs Megalitikum terbesar di Asia Tenggara. Anda yang penggila sejarah dan arkeologi pasti tak sabar untuk segera mengunjungi tempat eksotis ini. datang saja ke Kampung Gunung Padang atau Kampung Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Cianjur, Jawa Barat. Situs ini berbeda dibanding situs megalitikum lain. Apa bedanya?

Pola asimetris yang ada pada pundan berundaknya menandakan bahwa pola bangunan yang demikian berbeda dibanding sisi simetris Candi Borobudur, misalnya. Sisi situs ini mengarah ke Gunung Padang. Ini menandakan bahwa pembangunan situs ini ditujukan atau diorientasikan seluruhnya untuk penghormatan pada Gunung Padang itu sendiri. Berbeda dengan situs Megalitikum lain semisal Piramida di Mesir, Stonehenge di Inggris, atau Machu Picchu di Peru yang dibangun sebagai tempat ritual penyembahan kepada dewa-dewa (Dewa Matahari). Uniknya, di situs ini juga terdapat alat musik berupa bilah-bilah batuan yang bisa mengeluarkan nada yang setara dengan nada F, G, D, dan A.

3. Waduk Jangari

Waduk Jangari Wisata Cianjur

Anda hobi memancing? Maka alangkah baiknya sebelum berangkat ke Cianjur Anda juga mempersiapkan peralatan memancing Anda. Lalu arahkan kendaraan Anda ke Kecamatan Mande, Cianjur. Disana Anda akan menemukan sebuah waduk yang bernama Waduk Jangari. Waduk ini adalah surga bagi para pecinta ikan air tawar sebab di Waduk Jangari ikan air tawar mengalami proses pembesaran, terutama ikan mas. Tempat pemeliharaan ikannya berbentuk keramba yang terapung. Puas mendapat ikan dengan daging yang tak berbau lumpur, Anda bisa sekaligus membakarnya, memakannya, sambil menikmati kesegaran kelapa muda.

4. Pantai Jayanti dan Pantai Arfa

Pantai Jayanti dan Pantai Arfa

Usai menikmati pesona kawasan Cianjur sebelah utara, barangkali Anda ingin menyempatkan diri untuk mengunjungi Cianjur bagian Selatan. Walaupun Cianjur terkenal dengan wisata alam terutama pegunungannya, namun ada “surga” lain yang ada di pinggiran Cianjur yang lain. Yaitu sebuah pantai bernama Pantai Jayanti. Pantai yang masih terjaga kebersihan dan “keperawanannya” ini terletak di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Cianjur Selatan. Anda juga bisa sekalian mengunjungi Pantai Arfa yang sama-sama berada di Cianjur Selatan, tepatnya di Kecamatan Sindang Barang. Kedua Tempat Wisata Di Cianjur tersebut sama-sama indah dan patut untuk dikunjungi.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Semarang Dan Sekitarnya dan Tempat Wisata di Solo Yang Bisa Dikunjungi

Sekian dan terima kasih.

Advertisement