Tempat Wisata di Jambi yang Menarik Dikunjungi

571
Advertisement

IDJOEL.COMTempat Wisata di Jambi yang Menarik Dikunjungi begitu banyak macamnya. Sebagai kota besar di pesisit timur Pulau Sumatera, Jambi menyimpan aneka objek wisata bernuansa sejarah, alam, maupun edukasi.

Secara historis, Jambi tak terlepas dari imperium Kerajaan Sriwijaya yang pernah berjaya di Indonesia bagian barat berabad-abad lampau. Oleh karenanya, tak heran apabila kita akan menemukan situ-situs candi kuno peninggalan Sriwijaya yang disimpan rapi. Artikel ini bermaksud untuk mengupas tuntas mengenai Tempat Wisata di Jambi dan wisata-wisata lain yang direkomendasikan untuk pembaca yang budiman. Dengan begitu, informasi dalam uraian artikel ini mampu menjadi rekomendasi menarik bagi pembaca yang hendak mengeksplorasi Jambi lebih intens.

Advertisement

Berikut ini adalah liputan Bang Joel terkait Tempat Wisata di Jambi yang Menarik Dikunjungi antara lain sebagai berikut

1. Candi Muaro

Tanggo Rajo Jambi

Pertama, objek wisata bernuansa sejarah bernama Candi Muaro Jambi. Di situs bersejarah peninggalan Kerajaan Sriwijaya ini merupakan kompleks candi yang bercorak Buddha. Secara keseluruhan, objek wisata ini telah dilegitimasi oleh UNSECO pada 2009. Ikon unik Candi Muaro ini adalah konstruksi bangunan dari batu bata merah. Selain candi, di sekitar Muaro terdapat pelbagai perkakas rumah tangga yang pada masa lampau digunakan oleh para biksu. Selain itu, koleksi keramik Tiongkok dari dinasti Song juga tersedia banyak di sana. Hal itu wajar karena hubungan diplomatik antara Tiongkok dan Kerajaan Sriwijaya pada abad ke-8 lampau terjalin erat.

2. Tanggo Rajo

Tanggo Rajo Jambi

Kedua, objek wisata eksotis Tanggo Rajo. Tempat wisata ini tak jauh dari pusat Alun-alun Kapuas. Obje wisata Tanggo Rajo menawarkan wisata kuliner di bibir perairan yang begitu lezat. Apabila kita hendak bertandang ke sini, maka seyogianya pada sore hari. Hal itu dikarenakan pemandangan senja sore hari di Tanggo Rajo begitu fantastis. Selain menikmati senja dari mentari yang terbenam, kita juga bisa menikmati makanan khas Jambi di Tanggo Raja. Sajian kuliner yang dijual di sana dipatok dengan harga miring sehingga kita bisa memborongnya pula untuk dijadikan oleh-oleh. Selain itu, pada akhir pekan pengunjung juga bisa memancing dengan tenang di sana. Ini merupakan tempat wisata yang indah dibandingkan dengan Tempat Wisata Di Lembang

3. Monas dan Rimba Jambi

Monas dan Rimba Jambi

Ketiga, objek wisata bernuansa sejarah di Monas Jambi. Tak hanya Jakarta saja yang memiliki monumen nasional (Monas), Jambi juga memiliki monumen serupa. Kompleks di Monas ini merupakan bundaran wilayah pemerintahan kota. Banyak wisata lokal maupun daerah yang menghabiskan waktu liburannya di Monas ini. Meski konstruksi bangunannya mirip dengan Monas Jakarta, Monas Jambi memiliki karakteristik khas yakni empat buah jam dinding di tiap sisinya dan empat ukiran binatang angsa di bagian bawah. Selanjutnya, Taman Rimba Jambi dan Taman Mini. Kompleks wisata ini menawarkan tempat rekreasi kearifan lokal maupun olahraga. Tempat ini sebetulnya merupakan miniatur budaya dari Jambi.

4. Tepian Rajo

Tepian Rajo Wisata Jambi

Keempat, objek wisata keluarga di Jambi lainnya ialah Tepian Rajo. Tempat wisata ini merupakan kolam renang yang ada di Jalan Kapten Sujono, Kec. Kotabaru (sekitar 6 Km dari pusat Jambi). Tempat edukasi sekaligus bermain Tepian Rajo sangat cocok untuk dijadikan objek wisata akhir pekan keluarga. Anak-anak akan sangat senang apabila bertandang ke sini lantaran banyak permainan air yang begitu mendidik dan menyenangkan. Secara umum, kolam renang Rajo berukuran 20 x 50 Meter persegi yang telah disesuaikan dengan standar internasional. Biasanya, kolam renang Rajo akan sangat ramai tatkala liburan sekolah tiba.

5. Danau Sipin

danau sipin di jambi

Kelima, objek wisata Danau Sipin yang begitu romantis. Danau ini sangatlah indah apabila senja muncul pada sore hari. Tempat wisata ini kerap didatangi oleh pasangan yang mengadu kasih. Alsasan kenapa banyak pasangan yang ke sini adalah suasana danau yang begitu romantis kalau senja tiba. Selain itu, danau ini juga dimaksimalkan oleh masyarakat sekitar untuk dijadian tempat budidaya ikan nila dan mujair di air tawar. Di sisi lain, para pengunjung yang datang ke sini juga bisa menikmati fasilitas perahu yang bisa menampung sekitar tiga sampai lima orang. Biaya sewa perahu sekali jalan ini sungguh terjangkau: Rp. 5.000,- (perorang). Para pengunjung yang menggunakan fasilitas perahu ini akan diantar keliling danau dan bisa melihat dengan dekat karamba (tempat penakaran ikan di danau). Sebtulnya masih banyak yang bisa diuraikan mengenai pelbagai objek wisata di Jambi, namun paparan di atas sudah lebih dari cukup.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Semarang Dan Sekitarnya

Demikianlah, ulasan singkat mengenai hal ihwal tempat wisata di Jambi.

Advertisement