Tempat Wisata di Jepara yang Wajib Dikunjungi

335
Advertisement

IDJOEL.COM Tempat Wisata di Jepara sangatlah beraneka ragamnya. Apalagi, kota Jepara telah dikenal sejak beberapa abad lampau melalui hikayat kerajaan Jawa maupun wali penyebar Islam.

Tempat Wisata di Jepara yang Wajib Dikunjungi begitu mempesona. Sebagai salah satu kota yang cukup tua di Provinsi Jawa Tengah, Jepara telah berkembang pesat dari aspek sosial, ekonomi, maupun kebudayaan sejak berabad-abad lampau. Perkembangan yang begitu pesat tersebut membuat wisata di Jepara memiliki nuansa sejarah, edukasi, maupun alam. Ketiga nuansa itulah yang membuat kota Jepara memiliki identitas khas daripada kota lainnya di Indonesia. Di sisi lain, masyarakat kebanyakan mengenal Jepara sebagai kota penghasil kayu ukir yang kiprahnya sudah menginternasional. Apalagi, sesosok Raden Ajeng Kartini sebagai tokoh perempuan yang memperjuangkan emansipasi melalui surat-suratnya juga tak terlepas dari kota Jepara. Artikel ini mencoba menguak tempat pariwisata di Jepara apa saja yang bisa direkomendasikan bagi masyarakat sehingga mereka pun turt serta mengeksplorasi Jepara secara menyeluruh. Berikut ini hanyalah sedikit yang Bang Joel ulas.

Advertisement

1. Taman Nasional Karimunjawa

Taman Nasional Karimunjawa Wisata Jepara

Berikut ini dipaparkan objek wisata di Jepara yang menarik dan wajib dikunjungi. Pertama, Taman Nasional Karimunjawa. Karena letak geografis Jepara berada di pesisir utara Jawa Tengah, pesona wisata pantai begitu dominan. Termasuk Taman Nasional Karimunjawa yang dapat kita kunjungi dalam rangka eksplorasi taman laut. Di sana terdapat 27 pulau kecil-kecil yang sangat indah. Secara umum, objek wisata alam ini memiliki ekosistem hutan hujan dengan daratan rendah, hutan pantai, hutan mangrove, padang lamun, algae, maupun terumbu arang. Di sini kita bisa menikmati pemandangan biota di dasar laut yang mencakup 242 jenis ikan hias, 90 warna-warni karang keras, dan 133 akuatik. Semuanya itu begitu indah untuk dikunjungi dalam rangka wisata Jepara Jawa Tengah.

2. Wisata Bersejarah ke Museum R.A. Kartini

Wisata Bersejarah ke Museum R.A. Kartini

Kedua, bertandang ke Tempat wisata bernuansa sejarah: Museum R.A. Kartini. Museum ini berada di utara alun-alun Jepara sehingga sangat mudah untuk diakses oleh para pengunjung. Di museum tersebut kita bisa mendapatkan pelajaran historis mengenai riwayat kehidupan seorang pejuang emansipasi perempuan. Beberapa lembar surat-surat, foto, maupun peninggalan lain Kartini tersimpan rapi di museum itu. Dengan membaca kembali Kartini melalui peninggalannya, kita akan mendapatkan nukilan pelajaran moral penting. Uniknya, di museum tersebut terdapat pula peninggalan kuno dari abad ke-7 yang disimpan rapi. Semua barang tersebut sebetulnya disimpan betul oleh ahli waris Kartini dari seabad lampau sehingga nasib semua barang baik.

3. Benteng Portugis

Benteng Portugis Tempat Wisata Jepara

Ketiga, safari peninggalan kolonial Portugis di Benteng Portugis. Benteng ini termasuk ke dalam cagar budaya yang dirawat oleh Dinas Purbakala Kota Jepara. Secara spesifik, benteng peninggalan bangsa Portugis ini dibangun di atas bukit batu yang berada di pesisir pantai. Akses menuju Benteng Portugis ini begiu mudah karena cagar budaya ini berada di Desa Banyumanis, Kec. Donorojo, Jepara yang setiap harinya dilalui oleh angkutan umum antarkota maupun daerah. Apabila kita ke sana bersama keluarga, kita akan melihat lanskap Pulau Mondoliko yang begitu eksotis dari jarak pandang utara benteng. Konon, pada masa lampau, Benteng Portugis memiliki kegunaan yang cukup strategis dalam hal pelayaran kapal bangsa Portugis dari Jepara ke Nusantara. Ini merupakan tempat wisata keren dibandingan dengan Tempat Wisata di Cirebon

4. Air Terjun Songgolangit

Air Terjun Songgolangit Wisata Jepara

Keempat, bertandang ke objek wisata Air Terjun Songgolangit. Tempat wisata bernuansa alam ini menyuguhkan derasnya air mengalir dari tempat yang tinggi. Seperti nama air terjun “Songgolangit” yang berarti “penyangga langit” itu didasarkan latar air terjun yang seolah-olah menyangga horizon apabila dilihat dari bawah. Objek wisata ini cukup strategis karena berada di Desa Bucu, Kec. Kembang, Jepara yang letaknya sekitar 30 Km dari arah utara pusat kota. Ilmuan geologi telah mengukur ketinggian air terjun tersebut sehingga mendapatkan simpulan: tinggi 80 m dan lebar 2 m. Tempat ini sangatlah direkomendasikan bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara. Apalagi, tempat ini bisa dijadikan ruang meditasi yang menenagkan pikiran.

5. Pantai Teluk Awur

Pantai Teluk Awur Wisata Jepara

Kelima, safari ke objek wisata Pantai Teluk Awur. Pantai yang berada di pesisir utara pusat kota Jepara (sekitar 5 km) ini begitu indah. Para pengunjung akan disuguhi panorama alam yang begitu fantastis. Objek wisata ini sangat cocok apabila dikunjungi pada akhir pekan. Pengunjung bisa menikmati pemandangan air laut sekaligus berenang bebas di sana. Untuk masuk ke kawasan Teluk Awur, pengunjung tak perlu mengeluarkan sepeser dana pun (baca: gratis). Meski demikian, pengunjung tetap wajib menjaga kebersihan dan kenyamanan di kawasan pantai.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Singapore yang Terkenal dan Tempat Wisata Di Pekanbaru Dan Sekitarnya

Demikianlah, ulasan singkat mengenai tempat wisata di Jepara.

Advertisement