Tempat Wisata Di Klaten Yang Layak Dikunjungi

442
Advertisement

IDJOEL.COMKlaten adalah salah satu daerah di Jawa Tengah yang diapit oleh dua kota besar: Solo dan Yogyakarta. Potensi Tempat Wisata Di Klaten ada banyak. Beberapa diantaranya ada di artikel ini.

Tempat Wisata Di Klaten yang Layak Dikunjungi barangkali masih digolongkan sebagai objek wisata yang belum banyak dikenal oleh orang-orang. Ini berkaitan dengan status Klaten sendiri yang masih kalah terkenal dibanding kota-kota di sekitarnya seperti Yogyakarta dan Solo. Bahkan mereka yang dari Jogja dan ingin mengunjungi Tempat Wisata Di Solo mereka sekedar melewati Klaten. Ini disebabkan karena minimnya informasi soal Tempat Wisata Di Klaten Jawa Tengah bagi publik. Nah untuk itu disini kami akan membagikan beberapa tempat menarik yang layak dikunjungi di Klaten dan bisa jadi rekomendasi liburan Anda. Klaten memang sebuah kota kecil, namun pesonanya juga tak bisa dipandang sebelah mata. Mari simak bersama, sedulur!

Advertisement

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan Wisata Klaten

Banyak orang yang merancukan dimana sebenarnya letak admnistratif Candi Prambanan. Ada yang berpendapat masuk wilayah Yogyakarta, dan sebagian menganggap masuk wilayah Jawa Tengah. Mana yang benar? Semuanya benar. Letak unik candi ini berada di kecamatan Sleman, DIY, sekaligus kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Wilayah administrasinya terletak di Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman. Namun wilayah administraso desa TLogo, Prambanan, Klaten juga masuk di kompleks pintu masuk Candi Prambanan. Tak perlu memusingkan eprkara administrasi. Yang jelas kompleks Candi Prambanan adalah salah satu yang terindah se-Indonesia.

Seketika Anda masuk ke kompleks Candi Prambanan, Anda akan disuguhi hamparan rumput hijau yang selalu terawat dan luasnya melebihi lapangan sepakbola. Dimana-mana terdapat area hijau ini yang diselingi dengan pepohonan rindang dan taman-taman indah yang cocok untuk Anda sekeluarga atau bersama pasangan melaksanakan piknik. Anda lalu bisa mengunjungi total 240 candi yang terdiri dari 3 Candi Trimurti, 3 Candi Wahana, 2 Candi Apit, 4 Candi Kelir, 4 Candi Patok, dan 224 Candi Perwara. Namun karena suatu hal, sekarang hanya ada 8 candi utama dan 8 candi kecil dan 2 candi perwara, sehingga totalnya adalah 18 candi. Keindahan candi mahakarya kebudayaan Hindu di abad ke-9 ini memang tiada duanya.

2. Museum Gula Jawa

Museum Gula Jawa Wisata Klaten

Jika selama ini Anda hanya tinggal menikmati gula yang terdapat di swalayan atau pasar, maka alangkah baiknya Anda mengunjungi Museum Gula Jawa di Klaten ini untuk mengetahui asal usul gula, si manis yang gemar Anda konsumsi. Masyarakat sekitar lebih mengenalnya dengan nama Museum GUla Gondang Winagoen atau Museum Gula Klaten. Museum ini dulunya adalah sebuah parbik gula yang bernama Pabrik Gula Gondang Winangoen yang kepemilikannya oleh PTPN IX. Ada banyak benda bersejarah terkait dengan industri gula yang dulu di masa penjajahan menjadi roda utama ekonomi nusantara terutama ekonomi di pulau Jawa. Tertarik? Segera ke Jalan Raya Jogja–Solo Km. 25, Klaten, Jawa Tengah.

3. Pemandian Umbul Coro Tulung

Pemandian Umbul Coro Tulung

Jika sudah puas dengan jalan-jalan di tempat menarik di Klaten, maka saatnya Anda rehat sejenak di Pemandian Umbul Coro Tulung di Desa Cokro, Kecamatan tulung, Kabupaten Klaten. Dijamin badan Anda akan segar kembali saat air tanah yang masih asli di pemandian ini mengguyur seluruh badan Anda. Bulan Ramadhan seperti ini sangat tepat untuk Anda mengunjungi pemandian nomor satu di Klaten ini, sebab akan ada tradisi padusan oleh masyarakat stempat. Padusan adalah kegaitan penyucian raga dan jiwa untuk menyambut bulan puasa agar penuh berkah. Kearifan lokal yang sayang untuk Anda lewatkan begitu saja. Selain berwisata, pengetahuan Anda tentang tradisi masyarakat lokal Klaten akan bertambah juga.

4. Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo

Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo

Tak Kalah keren dengan Tempat Wisata di Jakarta. Jika Anda belum puas bermain air di Pemandian Umbul Coro Tulung, Anda bisa menutup kesenangan berwisata di Klaten dengan mengunjungi Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo. Kolam renang ini disediakan oleh pihak Hotel Galuh Prambanan dan kemudian dikembangakan untuk tujuan wisata masyarakat luas, baik warga lokal maupun wisatawan. Anda bisa sekaligus menginap di Hotel Galuh Prambanan dan sore harinya bisa puas menikmati beragam permainan air yang disediakan pengelola. Bisa dikatakan jika kolam renang ini sudah dikategorikan sebagai waterboom mini. Tertarik? Datang saja ke Jalan Manisrenggo km 1, Tlogo Prambanan, Klaten, Jawa Tengah.

Wisata Lainnya : Tempat Wisata Di Pekanbaru Dan Sekitarnya

Nah, diantara beberapa Tempat Wisata Di Klaten yang ada diatas, mana yang Anda ingin kunjungi pertama?

Advertisement