Tempat Wisata di Purwokerto yang Wajib Dikunjungi

573
Advertisement

IDJOEL.COMTempat Wisata di Purwokerto begitu banyak macamnya. Ada tempat wisata yang bernuansa sejarah, alam, edukasi, dan yang lainnya. Semua tempat wisata itu sangat direkomendasikan untuk pelancong.

Kawasan wisata di Purwokerto tak kalah populer daripada Tempat wisata yang berada di kota besar seperti Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Medan, Jayapura, dan lain sebagainya. Sebagai kota asri yang terletak di Kabupaten Banyumas, Jateng (Jawa Tengah), Purwokerto memiliki nuansa objek wisata alam, edukasi, maupun sejarah yang sangat cocok untuk dikunjungi keluarga. Ikon yang kerap dikenal oleh masyarakat kebanyakan di Banyumas ialah wisata alam. Masyarakat luas kerap mengidentikan Banyumas sebagai sorganya para pendaki gunung. Hal itu dikarenakan terdapat Gunung Slamet di kawasan Banyumas sehingga memungkinkan tata letak kota di sekitarnya bercorak pegunungan. Dengan tata kota yang mengikuti alur pegunungan itu Banyumas menjadi salah satu kota indah dan romantis untuk dikunjungi. Artikel ini bermaksud untuk mengupas tuntas mengenai informasi wisata kuliner Purwokerto dan objek wisata lain.

Advertisement

1. Objek Wisata Baturaden

Objek Wisata Baturaden Purwokerto

Sebagai kota yang cukup padat di Jawa Tengah, Purwokerto memiliki beberapa tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Berikut ini dipaparkan objek wisata apa saja yang bisa kita kunjungi bersama keluarga, kolega, maupun pribadi. Pertama, wisata Baturaden yang begitu memukau pemandangannya. Apabila kita bertandang ke sini, kita bisa melihat indahnya Pulau Nusa Kambangan dan deburan ombaknya yang begitu memanjakan mata. Di Baturaden, kita bisa melihat sekaligus menikmati tanaman bunga yang dianggap langka di dunia flora. Bunga yang ada di sana di antaranya: havana, palem paris, antarium lipstick, widoro laut, daun dewa, dan lain sebagainya. Selain bunga-bunga yang dipamerkan di sana, kita juga bisa memborong berbagai bunga tersebut untuk dijadikan oleh-oleh bagi keluarga maupun tetangga di rumah.

2. Wisata Telaga Sunyi

Lokasi Wisata Telaga Sunyi Purwokerto

Kedua, wisata Telaga Sunyi yang terkenal di Purwokerto ini sama terkenal dengan Tempat Wisata Di Bogor atau Tempat Wisata Jakarta. Tempat Telaga Sunyi ini tak jauh dari pusat wisata Baturaden. Lokasi yang begitu sejuk ini memungkinkan bagi pelancong untuk melakukan meditasi demi mendapatkan pengalaman kemanusiaan untuk meluluhkan kepenatan. Ikon unggulan di Telaga Sunyi ini ialah pepohonan berjenis pinus yang merimbun di antara telaga. Oleh karenanya, para wisatawan akan dimanjakan dengan aroma khas alam dan hembusan sepoi-sepoi angin yang bertiup dari berbagai penjuru. Selain itu, seperti namanya yakni Telaga Sunyi; di sana terdapat air mengalir yang begitu jernih sehingga bisa dinikmati untuk membasuh wajah. Bagi fotografer, tempat tersebut memiliki lanskap indah untuk berfoto. Di kawasan Telaga Sunyi juga terdapat hotel di Purwokerto yang bisa disewa beberapa hari.

3. Wisata Curug Cipendok

Wisata Curug Cipendok Purwokerto

Ketiga, Curug Cipendok mampu menjadi sohib alam yang sangat cocok untuk pelancong kolektif: bersama keluarga, sahabat, maupun tempan kantor. Objek wisata ini begitu dekat pusat kota Purwokerto. Jarak antara kota Purwokerto dan objek wisata Curog ialah 25 km. Lokasi wisata di Curog masih asri serta alami sehingga udara yang ada di sana pun masih jernih dari polusi udara. Tak seperti objek wisata di suatu kota lain, akses menuju Curug begitu mulus karena jalan yang membentang menuju lokasi utama sudah diaspal. Oleh karenanya, kita bisa membawa keluarga tercinta untuk ke sana demi mendapatkan ketenangan alam yang bisa menjernihkan kembali pikiran dari segala hal kepenatan. Semua itu didukung pula oleh sajian kuliner di sepanjang jalan menuju Curog yang menjajakan susu murni maupun gorengan khas Purwokerto.

4. Wisata Religi Goa Maria Kaliori

Wisata Religi Goa Maria Kaliori

Keempat, wisata kaum Kristen Katholik yakni Goa Maria Kalioro ini sedikit tidak populer dibandingkan dengan Tempat Wisata Di Singapore yang terkenal dengan berbagai bangunan megah. Purwokerto tak hanya sekadar menyajikan wisata alam yang begitu indah, namun juga terdapat wisata religi. Di Goa Maria Kaliori, kita (kaum Katholik) bisa beribadah dengan tenang. Lokasi wisata yang berada di goa inilah yang menjadikan Goa Maria Kalori jauh dari peradaban kota yang bising sehingga tatkala bergumam dalam doa pun akan lebih khusyuk. Luas objek wisata ini sekitar 5,6 hektar. Meski objek wisata ini begitu luas dan notabenenya tempat ibadah umat Katholik, pelancong dari lintas agama (non Kristen Katholik) juga bisa mampir sejenak untuk keliling. Di sana juga terdapat tempat rindang untuk berteduh dan mencicipi kuliner khas Purwokerto.

5. Wisata Kuliner Soto Sokaraja

Wisata Kuliner Soto Sokaraja Purwokerto

Kelima, wisata makanan khas Purwokerto: soto Sokaraja. Tak lengkap apabila kita hanya sekadar wisata di suatu objek wisata semata tanpa mencicipi kuliner khas di daerahnya. Di Purwokerto, terdapat kuliner khas yang sudah terkenal di penjuru Nusantara. Kuliner yang mirip dengan Soto Betawi di daerah lain itu memberikan nuansa gurih bagi para penikmatnya. Kita bisa memberli soto Sokaraja ini di Jalan Profesor Dr. Suhaso yang berada di sekitar GOR Satria Purwokerto. Di sana terdapat puluhan warung kuliner yang siap sedia melayani soto Sokaraja dengan porsi semau pembeli.

Lainnya : Tempat Wisata Di Pekanbaru Dan Sekitarnya dan Tempat Wisata Di Banyuwangi Yang Wajib Dikunjungi

Demikianlah, ulasan singkat mengenai tempat wisata di Purwokerto.  Terima kasih

Advertisement