Tempat Wisata di Solo Yang Bisa Dikunjungi

594
Advertisement

Tempat Wisata di Solo – Solo yang juga dikenal dengan sebutan Surakarta memang memiliki banyak tempat wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Oleh karena itu, Anda dapat mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di sana.

Bagi Anda yang tinggal di daerah solo atau sekitarnya pasti sudah mengetahui beberapa Tempat Wisata di Solo Yang Bisa Dikunjungi sebagai tempat yang super menarik. Kota ini merupakan salah satu kota madya di provinsi Jawa Tengah. Kota ini juga awalnya merupakan bentuk kerajaan Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang masih bersaudara dengan Yogyakarta. Banyak tujuan Tempat Wisata Di Solo Raya yang dapat Anda tuju untuk berlibur. Di sana banyak tersedia ragam jenis wisata, mulai dari wisata sejarah dan budaya, wisata alam, religi, kuliner dan belanja.

Advertisement

1. Masjid Pura Mangkunegaran

Masjid Pura Mangkunegaran adalah sebagai salah satu tujuan Wisata religi spektakuler yang berada di dalam lingkungan Pura Mangkunegaran, tepatnya Kecamatan Banjarsari, Surakarta, Prov. Jawa Tengah, Indonesia. Para wisatawan baik lokal maupun Manca Negara dapat menikmati keagungan masjid ini dan juga sekaligus keindahan ukir-ukiran kaligrafinya yang digambar dengan nilai seni yang tinggi mulai dari tampak depan gapura masjid hingga tampak samping, luar dan dalamnya. Untuk menuju ke Masjid Pura Mangkunegaran dapat ditempuh Dari Slamet Riyadi dapat berangkat menuju keMangunegaran menggunakan jasa angkutan umum dan juga sesudah itu, dapat berjalan kaki menuju ke Masjid Pura Mangkunegaran. Juga dapat dilakukan perjalanannya lewat pasar Triwindu.

Banyak sekali keistimewaan dan Keagungan nilai-nilai keislaman yang dapat kita temukan disini, sebab begitu kita memasuki gapura depan masjid, kita bakal akan merasakan hawa menyejukkan qalbu dan juga menentramkan jiwa. Dengan begitu, kita dapat lebih mudah fokus mempererat diri kepada Sang Khalik. Luas masjid 4. 200 meter persegi ini diukir ukiran ayat-ayat Al-qur’an yang mem-bentuk kerucut.

Tempat Wisata Solo Masjid Pura Mangkunegaran

2. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Istana Mangkunegaran

Di sini akan disebutkan beberapa Daftar Tempat Wisata Di Solo berupa sejarah dan belanja yang dapat Anda kunjungi. Salah satu Tempat Wisata Di Solo yang terkenal adalah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Mengunjungi kota ini akan menjadi kurang sempurna jika belum mengunjungi keratin satu ini. pada zaman dahulu, keraton tersebut merupakan bagian dari kerajaan Mataram. Namun, permasalahan politis yang terjadi dengan Belanda menjadikan kerajaan Mataram tersebut terpecah menjadi dua. Sehingga akhirnya jadilah Kasunanan Surakarta yang dipimpin oleh Pakubuwono III dan Kasultanan Yogyakarta yang dipimpin oleh Pangeran Mangkubuni. Di dalam keraton tersebut tersimpan berbagai koleksi peninggalan sejak dahulu di dalam istana. Pada hari-hari tertentu, Keraton Surakarta ini juga menyelenggarakan upacara adat, misalnya saja sekaten.

Daftar Tempat Wisata Di Solo

Selain keraton tersebut, di sana juga ada Pura atau Istana Mangkunegaran. Istana ini merupakan hasil perpecahan dari kasunanan Surakarta. Setelah kerajaan Mataram pecah menjadi dua, kasunanan Surakarta juga mengalami masalah dan lahirlah perjanjian Giyanti. Isi perjanjian tersebut akhirnya memecah kerajaan menjadi dua lagi, yaitu Kasunanan Mangkunegaran dan Kasunanan Surakarta. Di Istana Mangkunegaran ini akan ditemukan berbagai peninggalan dan benda sejarah, terutama yang berkaitan langsung dengan Raja Mangkunegaran. Di Pura ini pula yang biasanya digunakan sebagai tempat tari Beksan dan upacara adat.

3. Museum Radya Pustaka

Selain keraton tersebut, Di Solo ada juga Museum Radya Pustaka. Museum ini terletak tidak jauh dari Tempat Wisata Di Solo Taman Sriwedari Solo dan merupakan museum tertua yang ada di Indonesia. Di sana Anda akan menemukan banyak benda peninggalan sejarah yang berkaitan dengan peninggalan Kerajaan Mataram, dan kota solo. Salah satu barang terkenal yang dapat Anda jumpai di sana adalah hadiah dari Napoleon Bonaparte kepada Sri Susuhanan Paku Buwono IV berupa porselen. Namun, sayangnya isi dari museum tersebut sudah tidak lengkap lagi karena pernah terjadi pencurian oleh beberapa oknum kerajaan. Selain keraton dan museum yang merupakan tempat wisata yang berkaitan dengan budaya dan sejarah Anda dapat berkunjung ke Tempat Wisata Di Solo lainnya. Ini bisa dikatakan sebagai lokasi wisata seperti Tempat Wisata di Jakarta yang terkenal dengan Taman Impian Jaya Ancol

Tempat Wisata Di Solo Raya

4. Museum Batik Danar Hadi Solo

Tempat Wisata di Solo Yang Bisa Dikunjungi dapat dijadikan sebagai tempat tujuan untuk membeli oleh-oleh kain batik khas solo yaitu Museum Batik Danar Hadi Solo. Danar Hadi merupakan merek batik yang terkenal dari kota tersebut. Selain itu, museum ini juga menyimpan berbagai macam batik nusantara yang dapat Anda pilih.

Lokasi Wisata Museum Batik Danar Hadi Solo

5. Pasar Klewer Solo

Anda dapat berwisata belanja di pasar tradisional ini. Di sana Anda dapat menemukan berbagai macam kain dan batik. Pasar ini juga merupakan pusat grosir termurah yang menyediakan banyak pakaian. Namun, pada akhir tahun 2014 lalu pasar ini mengalami kebakaran hebat yang menghanguskan hampir seluruh toko.

Tempat Wisata Pasar Klewer Solo

6. Solo Grand Mall

Selain pasar tradisional, Solo juga memiliki pasar modern dengan konsep mall. Solo Grand Mall atau yang biasa disingkat menjadi SGM merupakan mall terbesar yang ada di kota tersebut sehingga hampir selalu ramai dikunjungi. Anda dapat membeli berbagai macam barang di sana.

Tempat Wisata Belanja Solo Grand Mall

7. Pusat Grosir Solo

Pusat perbelanjaan ini juga dapat dijadikan sebagai tempat tujuan belanja di kota satu ini. Pasar ini hampir sama dengan pasar Klewer namun memiliki penataan yang lebih rapid an nyaman. Di sana juga menyediakan berbagai baju, batik, tas, dan barang lainnya dengan harga yang murah.

Lainnya : Tempat Wisata di Malang

Lokasi Wisata Pusat Grosir Solo

Selain itu, Wisata belanja lainnya di kota Solo juga dapat Anda lakukan dengan mengunjungi Solo Square, Pasar Klithikan Notoharjo, Pasar Gede, Pasar Barang Antik Triwindu, dan pasar Tempat Wisata Di Solo lainnya.

Advertisement