Tempat Wisata di Wonosobo yang Wajib Dikunjungi

527
Advertisement

IDJOEL.COMObjek Wisata di Wonosobo murah dan patut dikunjungi sangatlah banyak. Selain objek wisata alam di Dieng yang begitu terkenal, Wonosobo juga menyimpan aneka wisata lain yang tak kalah menarik.

Tempat Wisata di Wonosobo yang Wajib Dikunjungi biasanya dikenal oleh masyarakat luas dengan ikon Dieng. Padahal, kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah ini begitu menyimpan pesona wisata bernuansa “selain Dieng” yakni: sejarah, alam, maupun edukasi. Secara geografis, wilayah Wonosobo terletak di berbatasan Kabupaten Banjarnegara. Awal mula kota yang berada di dataran tinggi ini dikenal luas oleh publik domestik maupun mancanegara ialah wisata Dieng. Pada masa lampau, kawasan Dieng ini juga kerap dijadikan mitos persemayaman para dewa maupun dewi. Secara harfiah, nama Dieng sebetulnya berasal dari bahasa Sansekerta: “Di” (tempat yang tinggi) dan “Hyang” (tempat para dewa-dewi). Mulai dari peristiwa historis (masa lampau) inilah Wonosobo meroket namanya di tengah peradaban bangsa-bangsa lain. Pada kesempatan kali ini Saya hendak mengupas tuntas tentang wisata alam Wonosobo dan wisata-wisata nuansa lain yang bisa direkomendasikan untuk pembaca.

Advertisement

1. Bukit Sikunir Dieng

Bukit Sikunir Dieng Wisata Wonosobo

Berikut ini dipaparkan tempat wisata di Wonosobo selain Dieng. Pertama, Bukit Sikunir Dieng yang begitu eksotis. Para pengunjung yang ke objek wisata ini memungkinkan untuk melihat indahnya matahari terbit maupun terbenam. Bukit Sikunir ini berada di ketinggian 2.2000 m dpl. Secara wilayah, objek wisata bernuansa alam ini berada di sebuah desa bernama Sembungan. Lanskap alam yang begitu romantis dan cahaya merah yang menembus tiap helai daun yang dikenainya membuat Bukit Sikunir sangat fantastis. Banyak pecinta alam mendaki bukit ini pada akhir pekan. Selain untuk menenangkan pikiran di atas bukit, para pengunjung juga bisa melakukan jelajah alam yang menantang.

2. Telaga Warna

Telaga Warna Wonosobo

Kedua, objek wisata Telaga Warna yang menyuguhkan pemandangan alam yang sangat luar biasa. Banyak pengunjung yang datang ke tempat ini pada sore hari. Hal itu dikarenakan oleh cahaya matahari terbenam yang berpendar-pendar di atas permukaan danau begitu romantis. Oleh karenanya, banyak pula pasangan kekasih yang mengadu cinta dengan tenang di sini. Air di telaga ini juga bisa diminum. Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang tak sungkan-sungkan meminum air di telaga warna. Konon, apabila seseorang meminum air darinya, maka ia akan dijamin muda lebih lama. Terlepas benar atau tidaknya mitos tersebut telaga warna memberikan nuansa harmoni alam yang begitu menyejukan.

3. Telaga Cebong

Telaga Cebong Wonosobo

Ketiga, objek wisata yang berada di atas awan itu bernama Telaga Cebong. Telaga ini berada di atas ketinggian 2.300 m dpl yang berada di Desa Sembungan. Tempat ini sangatlah cocok untuk dijadikan jelajah alam yang mampu menengangkan pikiran. Banyak orang yang berkunjung ke objek wisata alam ini untuk melakukan meditasi karena penatnya pikiran yang dibawanya dari bisingnya kota. Oleh karenanya, sebagian besar pengunjung ke Telaga Cebong adalah orang-orang yang berdomosili di kota besar. Selain itu, para pecinta alam pun juga kerap melakukan kemah di sini. Tak hanya itu, para peserta pramuka di suatu sekolah juga kerap mengabiskan akhir pekannya untuk membuat api unggun sekaligus kemah di Telaga Cebong.

4. Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda Wisata Wonosobo

Keempat, objek wisata Sumur Jalatunda yang berada di Desa Pekasiran. Banyak versi lokal yang mengatasnamakan latar belakang terjadinya sumur Jalatunda ini. Namun demikian, catatan ilmiah yang telah dilakukan oleh para ahli menyatakan bahwa sumur ini memiliki diameter sekitar 90 meter. Awal mula terjadinya sumur ini berasal dari letusan gunung berapi yang telah terjadi jutaan tahun lamapu. Untuk mencapai ke lokasi, pengunjung perlu menapaki satu per satu 257 anak tangga. Cukup jauh bukan? Namun, perjalanan menuju ke lokasi tak akan terasa lama lantaran di setiap langkah selalu memberikan cerita menarik tersendiri. Ada satu kepercayaan lain pula mengenai sumur ini. Kalau ada seseorang yang bisa melempar batu sampai ke dasar sungai, ada kepercayaan bahwa keinginannya akan terkabul.

5. Telaga Pengilon

Telaga Pengilon Wonosobo

Kelima, Objek wisata lainnya adalah Telaga Pengilon. Seperti objek wisata lain, Telaga Pengilon ini juga sangat fantastis. Selain sajian alam yang begitu luar biasa, di pinggir telaga ini juga banyak rumah makan khas Wonosobo yang begitu lezat. Makanan khas di Wonosobo adalah mie ongklok. Kuliner khas Wonosobo ini begitu banyak diminati oleh para wisatawan yang mampir ke Wonosobo.

Baca Juga : Tempat Wisata di Solo Yang Bisa Dikunjungi

Demikianlah, ulasan singkat tentang Tempat Wisata di Wonosobo yang Wajib Dikunjungi. Terima kasih

Advertisement