Tempat Wisata di Yogyakarta

644
Advertisement

Tempat Wisata Di Jogja Merupakan Informasi Yang Anda Butuhkan Yang Ingin Berwisata Dan Berbelanja Di Daerah Ini.

Tempat Wisata Di Yogyakarta bergitu melimpah sehingga bahkan tidak akan cukup waktu dalam seminggu untuk menikmati semuanya. Kota ini memiliki banyak sebutan, salah satunya adalah sebagai kota wisata. Hal ini karena kota ini memiliki banyak Tempat Wisata Di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi. Banyak ragam wisata yang dapat Anda lakukan di kota satu ini, mulai dari wisata budaya, sejarah, bangunan, kuliner, alam, belanja, dan lainnya. Di sana Anda dapat menikmati pantai, bukit, gunung, danau, candi, berbagai kuliner, dan berbagai wisata lainnya.

Advertisement

Objek Wisata di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi ada banyak sekali jumlahnya. Jika Anda mempunyai agenda wisata ke Jogja, jangan hanya menganggarkan 2 atau 3 hari saja. Anda membutuhkan lebih dari itu untuk mengunjungi tempat wisata yang ada di kota pelajar ini. Apalagi, Anda juga ingin mengunjungi Tempat Wisata Di Jogja Terbaru. Anda akan amat menikmati liburan Anda jika berhasil mendatangi semua daftar Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi ini. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang ada di kota budaya ini versi Bang Joel.

1. Puncak Suroloyo

Salah satu objek wisata alam yang dapat Anda tuju untuk menikmati matahari terbit dari atas awan adalah Puncak Suroloyo. Puncak tersebut berada di kawasan pegunungan Menoreh, Kulon Progo. Dari atas puncak tersebut Anda menikmati keindahan matahari terbit dari ketinggian dengan sajian empat jajaran gunung. Pemandangan tersebut tidak kalah dengan pemandangan yang dapat Anda peroleh di berbagai puncak gunung tinggi lainnya. Di sana Anda dapat memandangi empat gunung; Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro, serta candi Borobudur yang dapat dilihat jika tidak tertutup awan. Anda dapat menikmati pemandangan tersebut dari sebuah gardu pandang yang terletak di ketinggian 1019 mpdl. Mencapai puncak tersebut bukanlah perjalanan yang tidak melewati perjuangan. Anda akan terlebih dahulu menaiki anak tangga sebanyak kurang lebih 290 anak tangga.

2. Kalibiru

Selain menikmati keindahan matahari terbit, kawasan pegunungan Menoreh di Kulon Progo juga dapat digunakan untuk menikmati matahari tenggelam. Salah satu tempat yang dapat Anda pilih adalah Kalibiru. Kalibiru merupakan nama dari sebuah desa yang merupakan hutan wisata yang ada di Kulon Progo. Kalibiru merupakan desa yang berada di atas waduk sermo. Jadi, Anda akan menikmati warna keemasan matahari tenggelam berlatar belakang waduk sermo. Waduk tersebut juga akan memantulkan keindahan matahari tenggelam tersebut. Di sana juga terdapat sebuah platform kecil yang terbuat dari kayu dan sangat asyik digunakan untuk berfoto ria.

3. Parang Endog

Selain Kalibiru, tempat yang juga sering digunakan untuk menikmati matahari tenggelam adalah Parang Endog. Bukit tersebut berada di sebelah timur pantai Parangtritis dan biasa digunakan sebagai landasan pacu paralayang. Dari bukit parang endog Anda dapat menikmati langsung matahari tenggelam dengan pemandangan laut di sebelah kiri dan hutan di sebelah kanan. Menikmati sunset dari atas bukit tersebut pastinya akan sangat menyenangkan.

4. Goa Pindul

Selain melakukan perjalanan wisata dengan tujuan daerah pegunungan, Anda juga dapat mencoba kegiatan wisata menyusuri gua. Susur goa yang dilakukan bukan seperti biasnya, namun menggunakan body rafting atau ban dalam kegiatan cave tubing. Salah satu goa yang paling terkenal dan selalu ramai dikunjungi adalah Goa Pindul. Di sana Anda akan menikmati keindahan gua yang memiliki aliran sungai di dalamnya.

5. Kalisuci

Namun, selain tempat tersebut juga ada lokasi cave tubing lainnya, yaitu Kalisuci. Kalisuci ini memiliki mata aiar yang selalu jernih. Menyusuri goa yang memiliki aliran sungai sangatlah menyenangkan, Anda dapat menikmati pertualangan seru dengan kegiatan tersebut. Yogyakarta memang memiliki banyak goa. Selain goa yang dapat Anda nikmati dengan kegiatan cave tubing, ada satu lagi goa yang sangat menarik.

6. Goa Jomblang

Goa Jomblang dikenal dengan sebutan “surga”, hal ini karena akan ada secercah cahaya yang masuk ke dalam goa tersebut. semburat cahaya tersebut sangatlah indah. Goa Jomblang terletak di daerah gunung kidul yang merupakan perbukitan karst. Goa ini bukan capai dengan body rafting atau berjalan kaki, namun dengan turun menggunakan tali. Hal ini karena bentuk goa ini adalah vertical, sehingga membutuhkan peralatan khusus untuk menuruninya. Oleh karena itu, biaya yang dikeluarkan untuk menikmati pemandangan tersebut adalah sebanyak Rp.450.000 untuk dua orang.

7. Hutan Pinus

Tempat wisata alam lainnya yang dapat Anda kunjungi adalah hutan Pinus Mangunan. Di sana anda dapat menikmati udara yang sejuk dan suasana yang tenang khas hutan. Hutan ini berada di daerah Bantul dan satu jalan menuju hutan mangunan.

8. Pantai Greweng

Selain itu, Anda juga dapat menikmati keindahan pantai yang berada di gugusan pantai selatan. Salah satu pantai baru Contoh Tempat Wisata Di Yogyakarta yang masih tersembunyi dan belum banyak dikunjungi adalah Pantai Greweng. Pantai tersebut berada di sebelah timur pantai Jungwok, dan hanya dapat dituju dengan cara berjalan kaki. Selain tempat wisata tersebut, tentu saja masih banyak lagi Tempat Wisata Di Yogyakarta lainnya. Seperti berikut ini.

Candi-Candi yang Ada di Jogja

Setelah Tempat Wisata Di Bogor, Anda penasaran dengan tempat wisata mana saja yang masuk dalam daftar kunjungan Anda? Candi Prambanan dan Candi Borobudur adalah 2 candi yang paling sering dibahas. Keduanya menjadi warisan budaya yang amat tak ternilai harganya. Selain itu, pemandangan yang sungguh indah dan menawan akan menemani agenda liburan Anda. Selain kedua candi besar itu, ada belasan bahkan puluhan candi lain yang kalah indah dan bersejarah pula. Meski sebagian besar berukuran kecil, namun hal itu tak mengubah nilai sejarah yang ada di dalamnya.

Tempat wisata berupa candi lainnya adalah Candi Ratu Boko yang merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno. Keindahannya akan membuat Anda makin menikmati sore yang indah nan romantis. Ada candi lain lagi, yaitu Candi Sambisari, Candi Gebang, Candi Mendut, Candi Sewu, Candi Kalasan, dan lain sebagainya. Masing-masing candi memiliki unsur keindahan serta ceritanya sendiri.

Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Wisata Pantai yang Menyambut Anda di Jogja

Selain memiliki puluhan candi, Jogja juga dikenal sebagai kota yang memiliki puluhan pantai. Batas sebelah selatan yang berbatasan dengan laut selatan menyebabkan adanya banyak pantai nan indah yang masuk dalam wilayah Jogja. Contoh pantai yang terkenal adalah Pantai Parangtritis. Pantai ini dikenal memiliki ombak yang besar. Selain itu, daya pikat lain dari pantai ini adalah aneka mitos yang beredar dan dipercaya oleh masyarakat. Pantai Parangtritis sebagai tempat tinggal Nyi Roro Kidul adalah salah satunya.

Mitos lain dari pantai ini adalah bahwa orang yang datang ke pantai ini dengan memakai pakaian berwarna hijau akan dibawa dan dijadikan prajurit oleh Nyi Roro Kidul adalah mitos lain yang tak kalah booming sejak dulu kala. Pantai lainnya adalah Pantai Srandakan, Pantai Krakal, Pantai Kukup, Pantai Parangkusumo, dan puluhan pantai indah lainnya. Orang-orang sering menghabiskan waktu mereka di pantai ini hingga sore hanya untuk melihat matahari terbenam. Kunjungan ke pantai-pantai ini akan semakin meningkat ketika masa liburan dan akhir pekan.

Wisata Alam Kaliurang

Anda yang merindukan sejuk dan segarnya udara pegunungan dapat langsung pergi ke wilayah Jogja bagian utara. Yap, segeralah ke Kaliurang. Di tempat ini Anda akan dapat menikmati makan bersama keluarga sembari melihat pemandangan. Anda juga dapat menikmati makanan khas di sini seperti jadah dan tempe bacem, serta salak pondoh. Dinginnya udara akan menimbulkan suasana romantis tersendiri.

Tempat Wisata Di Jogja Terbaru

Berbelanja di Malioboro dan Beringharjo

Tempat wisata berikutnya adalah tempat yang bisa Anda gunakan untuk memenuhi nafsu belanja Anda. Anda dapat langsung meluncur ke pusat kota dan pusat belanja Jogja, yaitu Malioboro. Di tempat ini dijual banyak sekali pakaian, batik, cindera mata, bakpia, gudeg, dan lain-lain. Tak puas belanja di Malioboro, Anda dapat langsung bergeser sedikit dan menuju ke Pasar Beringharjo. Anda akan menemukan gairah belanja yang tinggi saat memasuki pasar ini.

Museum-Museum yang Ada di Jogja

Disebut sebagai Kota Budaya bukanlah sesuatu yang percuma karena di kota ini terdapat keraton dan amat banyak museum. Keraton Yogyakarta adalah salah satu peninggalan budaya yang juga tak kalah ternilai harganya. Di kompleks keraton inilah Sultan dan keluarganya tinggal. Anda dapat berkeliling dan mempelajari warisan budaya di wilayah keraton yang sengaja dibuka untuk umum.

Museum adalah tempat wisata lain di Yogyakarta yang tak kalah banyaknya. Anda dapat mengunjungi museum benteng vredeburg untuk melihat diorama yang berkaitan dengan kemerdekaan Indonesia. Museum lainnya antara lain Museum Sonobudoyo, Museum Affandi, Museum Dirgantara, dan lain-lain

Lainnya : Tempat Wisata Di Bandung

Beberapa Tempat Wisata Di Jogja di atas kalau diibaratkan barulah seujung kuku. Anda tak akan habis mengunjungi semua tempat itu dalam 1 minggu. Jadi, siapkan waktu yang lama agar dapat berkunjung dan berwisata ke Jogja!

Advertisement