Cara Berhenti Merokok yang Terbukti Ampuh

910
Advertisement

Cara Berhenti Merokok bisa dilakukan dengan bermacam cara, namun yang terpenting yang harus dilakukan adalah kebulatan niat yang lurus serta kemauan dari dalam hati.

Tips berhenti merokok bagi sebagian orang memang sangat sulit untuk diterapkan, namun semua ini juga tergantung pada niat dan kesungguhan masing-masing orang. Bahkan ada yang mengaku mulutnya asam atau kepalanya pusing bila mereka berhenti merokok. Namun semua ini kembali pada kuatnya keinginan seseorang untuk menghentikan hal buruk ini. Namun ini tidak mengherankan karena rokok memang mengandung zat adiksi yang dapat membuat penghisapnya kecanduan. Nah, jika Anda berniat untuk berhenti merokok, berikut ini Cara Berhenti Merokok yang Terbukti Ampuh.

Advertisement

1. Luruskan niat

Sebelum Anda melakukan dan memutuskan untuk berhenti dalam merokok, maka sebaiknya Anda membulatkan niat Anda. Karena niat yang kurang sungguh-sungguh akan berakibat pada kegagalan Anda dalam menghentikan kebiasaan merokok ini. Percayalah bahwa cara berhenti merokok sebagus apapun tidak akan menghentikan kebiasaan Anda jika Anda tidak mengawalinya dengan niat yang benar.

2. Buat acara merokok menjadi hal yang repot

Untuk membuat Anda malas merokok, maka mulai saat ini buatlah kegiatan merokok ini menjadi sesuatu pekerjaan yang sangat merepotkan. Misalnya Anda bungkus rokok pada plastik, kemudian di selotip hingga rapat. Setelah itu Anda kubur rokok di bawah lantai dan Anda tutup kembali dengan menggunakan semen. Dengan demikian, Anda akan merasa malas untuk merokok. Tapi ingat, jangan coba-coba untuk membeli rokok lagi karena cara berhenti merokok yang aneh ini akan gagal jika Anda tidak menganggap bahwa satu-satunya rokok di dunia ini adalah yang sedang Anda kubur.

3. Jauhi teman yang merokok

Teman sangat berpengaruh terhadap kebiasaan, jarang ada yang bisa menolak keinginan teman dengan kebiasaan merokok ini. Banyak hal yang menjadi alasannya, ada yang merasa tidak enak, takut dibilang tidak gaul akhirnya membuat keteguhan hati dan niat menjadi runtuh. Nah, untuk menghindari hal ini maka sebaiknya Anda tidak terlalu sering nongkrong dengan teman sesama perokok yang belum mau berhenti. Dengan demikian, pengaruh teman tersebut tidak akan dapat menggagalkan Tips berhenti merokok yang telah Anda niati ini.

4. Ganti dengan hal yang lebih bermanfaat

Rokok mungkin telah membuat Anda menjadi kecanduan, sehingga Anda merasa selalu ingin dan ingin menghisapnya. Karenanya setelah memutuskan untuk berhenti merokok sebaiknya Anda mengganti kebiasaan Anda dengan makan makanan ringan atau camilan. Makanlah sesuatu yang ringan dan berasa asin sehingga tidak membuat mulut tambah asam. Selain dengan camilan, Anda juga bisa menggantinya dengan permen karet. Dan menjadi cara untuk berhenti merokok yang efektif.

5. Banyak makan buah dan sayur

Banyak perokok yang mulai berhenti merokok bilang bahwa mereka menjadi lemas setelah melepas kebiasaan buruknya. Karenanya agar tubuh Anda tetap segar bugar sepanjang hari perbanyaklah untuk memakan buah dan sayur setiap hari. Buah dan sayur ini akan memenuhi segala kebutuhan vitamin dan gizi Anda dengan baik, sehingga cara berhenti merokok yang Anda jalani akan membuat Anda tetap bugar.

6. Olah raga

Mungkin Anda berpikir bahwa tidak ada hubungannya antara rokok dan olah raga. Namun percayalah dengan pergerakan fisik, maka Anda akan semakin sehat dan terhindar dari segala macam penyakit yang berbahaya. Anda bisa melakukan olah raga apapun yang Anda sukai, namun ingat bahwa Anda harus melakukannya secara terus menerus. Cara yang satu ini tidak akan merugikan Anda.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah

Nah, demikian tadi Cara berhenti merokok yang sangat ampuh yang bisa Anda coba, selamat mencoba semoga berhasil!

Advertisement