Tips Memilih Model Cincin Tunangan yang Tepat

598
Advertisement

Model Cincin Tunangan yang ada di pasaran saat ini tersedia dalam berbagai varian. Bagi Anda yang ingin melaksanakan pertunangan ataupun pernikahan, pilihlah sepasang cincin yang tepat. Pemilihan cincin pertunangan ini menjadi hal penting yang harus Anda perhatikan. Mengingat cincin tersebut akan digunakan untuk selamanya, tentu Anda dan pasangan Anda harus mendapatkan cincin terbaik. Cincin yang akan Anda beli akan menjadi simbol cinta yang mengikat Anda dan pasangan Anda. Acara pertunangan ataupun pernikahan memang membutuhkan model cincin tunangan.

Sepasang cincin menjadi hal yang sangat penting dan dibutuhkan ketika acara tersebut tiba. Pada dasarnya, cincin dapat saling diberikan di acara pertunangan. Namun tidak jarang juga pasangan yang menikah tanpa pertunangan terlebih dahulu. Sehingga pertukaran cincin dilakukan di hari pernikahan, pada dasarnya tergantung dari selera Anda. Namun sebagian besar orang memilih untuk melakukan pertunangan terlebih dahulu. Setelah itu barulah lanjut ke jenjang yang lebih serius yaitu pernikahan. Jika model cincin tunangan sudah dipilih dan digunakan, pasangan tidak lagi memerlukan cincin pernikahan.

Advertisement

Karena pertukaran cincin sebaiknya dilakukan sekali saja, apakah ketika melakukan pertunangan ataukah ketika akad nikah berlangsung. Seperti yang sudah dijelaskan, semua itu tergantung dari selera atau keinginan Anda. Jika Anda memutuskan untuk melakukan pertunangan terlebih dahulu, pilihlah model cincin tunangan simple yang tepat. Jangan memilihnya secara asal, cincin tersebut akan menjadi bukti cinta Anda dan pasangan Anda. Walaupun acara pertunangan lebih sederhana dibandingkan acara pernikahan, bukan berarti Anda dapat memilih cincin secara asal. Anda tetap harus memilih model cincin untuk tunangan yang tepat dan terbaik untuk Anda dan pasangan.

Tips Memilih Sepasang Cincin Pertunangan

Tidak dapat dipungkiri bahwa cincin pertunangan atau pernikahan memiliki peranan yang sangat penting. Hampir semua pasangan memilih untuk menggunakan sepasang cincin yang tepat. Sepasang model cincin tunangan terbaru tersebut biasanya didesain dengan baik sehingga tampak cocok dan serasi. Cincin tunangan yang ada di pasaran tersedia dalam berbagai varian, Anda dapat memilih sesuai selera. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika memilih cincin tunangan. Pemilihan model cincin untuk tunangan harus dilakukan dengan tepat, ini dia tips-tipsnya:

1. Mencari kesamaan

Sebelum memilih model, carilah kesamaan Anda dan pasangan Anda dalam hal selera. Setiap orang memiliki selera masing-masing, begitu juga dalam penggunaan cincin. Jangan memaksakan selera Anda kepada pasangan Anda jika pasangan Anda tidak menyukainya. Hal tersebut hanya memicu terjadinya hal-hal yang tidak penting, atau malah pasangan Anda tidak ingin menggunakan cincin tersebut. Cobalah untuk saling bertukar pendapat dan pikiran, setelah itu cari kesamaan Anda dan pasangan Anda. Barulah Anda memesan model cincin tunangan yang sesuai dengan selera Anda dan pasangan Anda.

Untuk membantu pemilihan model cincin, tidak ada salahnya jika Anda mencari beberapa model cincin untuk dijadikan referensi. Anda dapat mencari beberapa gambar di internet, jika perlu Anda dapat datang langsung ke toko yang menjual cincin pertunangan. Atau Anda juga dapat berkonsultasi secara langsung dengan penjual cincin. Dengan mengungkapkan keinginan Anda, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan model cincin tunangan yang sesuai dengan selera Anda dan pasangan Anda.

2. Tentukan anggaran

Pemilihan model cincin tunangan pertunangan tidak hanya terpaku pada selera atau keinginan Anda dan pasangan Anda. Sesuaikan juga dengan anggaran yang Anda miliki, jangan memilih sepasang cincin yang harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan anggaran Anda. Sepasang model cincin tunangan emas putih baru tentu akan dijual dengan harga lebih mahal. Jika Anda tidak memiliki anggaran yang cukup untuk membeli cincin emas, ada baiknya jika Anda memilih yang lain. Cincin pertunangan yang ada di pasaran tersedia dalam beberapa varian, ada yang menggunakan emas, paladium ataupun perak.

Jika Anda memiliki anggaran yang terbatas, tidak ada salahnya Anda memilih model cincin tunangan yang terbuat dari paladium ataupun perak. Harga yang termurah dari ketiga jenis bahan tersebut adalah cincin yang terbuat dari bahan perak. Namun Anda tidak perlu malu dan ragu memilih perak, kualitas perak saat ini cukup bagus. Bahkan sebagian besar pasangan di Indonesia memilih cincin perak dibanding emas. Selain harganya yang lebih terjangkau, bagi umat Muslim sendiri haram hukumnya pria menggunakan emas. Sementara di Indonesia lebih di dominasi oleh umat Muslim.

Atau jika Anda ingin kualitas yang lebih bagus dari perak, Anda dapat memilih paladium. Model cincin tunangan yang terbuat dari paladium saat ini sedang menjadi tren. Banyak pasangan yang memilih cincin dari bahan paladium karena kualitasnya yang cukup bagus. Jika Anda sudah menentukan model untuk cincin pertunangan Anda, lanjutkan dengan pemilihan bahan. Anda dapat membuat cincin pertunangan Anda sesuai dengan model cincin tunangan yang Anda inginkan dengan menggunakan bahan apapun. Apakah ingin menggunakan emas, paladium, perak atau gabungan dari emas dan perak.

3. Sesuaikan ukuran

Penting untuk Anda ingat, memilih cincin pertunangan tidak hanya memperhatikan model dan harganya saja. Pastikan untuk mengetahui ukuran yang tepat untuk jari-jari Anda dan pasangan Anda. Oleh sebab itu, dalam memilih model cincin tunangan sebaiknya dilakukan oleh kedua belah pihak. Jika salah satu pihak tidak dapat hadir, tidak menutup kemungkinan jika ukurannya kurang tepat. Tentu Anda tidak ingin kalau acara pertunangan Anda terganggu hanya karena kesalahan memilih ukuran cincin pertunangan. Cobalah model cincin tunangan sebelum acara pertunangan dilaksanakan.

Ketika melakukan pemesanan, jangan terlalu mengandalkan ukuran cincin yang disediakan oleh toko. Setiap toko mungkin memiliki standar masing-masing yang tidak dapat Anda andalkan. Jika ukuran cincin tidak tepat, tentunya akan memberikan rasa kurang nyaman atau bahkan tidak nyaman sama sekali. Baik kekecilan ataupun kebesaran, keduanya akan memberikan rasa yang kurang nyaman. Bayangkan saja jika model cincin tunangan yang sudah Anda pilih susah payah tidak dapat masuk ke sela-sela jari Anda. Begitu juga jika kebesaran, Anda tentu merasa cincin yang Anda gunakan seperti akan terlepas.

4. Tentukan toko yang tepat

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan sebelum memesan model cincin tunangan, tentukanlah toko yang tepat. Toko yang menjual cincin untuk pertunangan yang tepat untuk Anda adalah toko dengan sumber daya manusia yang handal dan profesional. Pastinya Anda tidak ingin cincin pertunangan Anda tidak sesuai dengan pesanan atau harapan Anda. Oleh sebab itu, pengerjaan cincin pertunangan tersebut harus dilakukan oleh tenaga yang handal dan ahli dalam bidangnya. Jangan sampai ketika sudah mendekati hari H, model cincin tunangan terbaru Anda belum siap atau belum jadi.

Untuk mengantisipasi adanya penipuan ataupun kesalahan dalam pengerjaan cincin, ada baiknya jika Anda meminta garansi. Pemesanan cincin pertunangan umumnya akan meminta pembayaran di muka atau pembayaran DP terlebih dahulu. Karena harga cincin pertunangan tidak murah, pastikan Anda meminta kartu garansi. Buatlah kesepakatan yang tidak membuat Anda merasa rugi jika terjadi pembatalan pemesanan. Jika kesalahan berada pada pihak toko, buatlah perjanjian bahwa uang Anda akan dikembalikan. Jadilah pembeli yang cerdas, pemilihan cincin pertunangan sangat penting untuk Anda lakukan. Jadi lakukan pemilihan model cincin tunangan dengan cara yang tepat

Advertisement