Tokek Terbesar di Dunia 64 Kg

1212

Anda pasti sudah akrab dengan cicak raksasa yang mengeluarkan bunyi “tokek-tokek” di rumah. Tokek Terbesar di Dunia yang Pernah Ditemukan tidak ditemukan di rumah, melainkan di habitat aslinya di hutan.

Tokek Terbesar di Dunia ditemukan di tempat-tempat yang tak terduga. Habitat cicak besar ini memang bisa ada dimana saja, baik di pemukiman manusia maupun di tempat liar. Untuk yang ada di pemukiman manusia, tokek-tokek ini biasa mengeluarkan bunyi khas seperti pengucapan namanya dan biasanya tak mengganggu penghuni rumah, layaknya cicak dan hewan rumahan lainnya. Tentu hal ini sangat berbeda dengan Ular Terbesar di Dunia yang sangat ditakuti banyak orang. Dalam beberapa kasus, di alam liar kadang ditemukan tokek dengan ukuran besar, melebihi ukuran tokek pada umumnya. Di artikel ini kami akan memberikan informasi tentang beberapa Tokek Terbesar di Dunia yang Pernah Ditemukan. Simak Liputan berikut ini.

1. Cyrtodactylus boreoclivus

Seorang peneliti bernama Paul Oliver pernah menemukan tokek jenis Cyrtodactylus boreoclivus atau termasuk spesies bent-toed gecko di Hutan Pegunungan Foja di Papua. Hutan yang disebut-sebut sebagai kawasan lost world tersebut sedang dijelajahi Paul dan kawan-kawan hingga pada suatu malam ia bertemu dengan tokek besar. Tokek tersebut bahkan terlihat oleh Paul dari jarak 20-30 meter. Dengan matanya yang bersinar di kegelapan, tokek tersebut sedang berada di sebuah pohon. Penemuan oleh peneliti Universitas Adelaide, Australia tersebut terjadi tahun 2008 lalu. Sayang, ia tak berhasil mengabadikan tokek raksasa tersebut.

Pada malam penjelajahan selanjutnya, ia bertemu lagi dengan tokek raksasa tersebut. Tokek itu menurut penuturan Paul sedang berada di atas sebuah pohon dengan ketinggian kurang lebih 5 meter. Segera saja ia mengambil sebatang kayu dan berusaha membuat tokek tersebut turun. Usahanya berhasil. Tokek tersebut jatuh ke tanah dan sempat lari sebentar sebleum akhirnya tertangkap. Tokek Terbesar tersebut ternyata berjenis kelamin jantan. Ia meyakini bahwa penemuannya itu hanya “ujung gunung es” dari keseluruhan spesies tokek raksasa jenis Cyrtodactylus boreoclivus yang ada di Hutan Pegunungan Foja.

Tokek Terbesar Cyrtodactylus boreoclivus

2. Giant Bent-Toed Gecko

Yang jelas, untuk tokek dengan ukuran 10 inci atau kurang lebih 25 cm saja masih lebih kecil dibandingkan dengan tokek yang berada di habitat rumah mereka di Papua Nugini. Baik kawasan Papua sampai Papua Nugini memang surga untuk para peneliti yang ingin menemukan beragam spesies baru berukuran raksasa di hutan-hutannya yang masih perawan. Beberapa diantaranya adalah tokek-tokek yang terbesar di dunia dengan panjang hingga mencapai 0,3 meter. Tokek raksasa jenis Giant Bent-Toed Gecko misalnya yang ditemukan tahun 2001 silam.

Tokek Terbesar di Dunia Giant Bent-Toed Gecko

3. Tokek Raksasa Indonesia

Indonesia mungkin memang surga bagi para pecinta tokek raksasa. Kedua tokek sebelumnya yang ditemukan peneliti belum ada apa-apanya dengan tokek yang ditemukan di Kalakbakan, Kalimantan. Tokek raksasa tersebut memiliki bobot hingga 64 kg! Tokek Terbesar Di Dunia 64 Kg tersebut menggegerkan dunia maya sejak fotonya diambil oleh seorang pria bernama Arbin. Tokek raksasa tersebut juga sudah beredar dimana-mana, termasuk di youtube dengan kata kunci Video Tokek Terbesar Di Dunia dan penonton video tersebut sudah hampir mencapai 350.000 sebab membuat banyak orang terkagum-kagum hampir tak percaya.

Tokek 64 Kg

Berbeda dengan Ikan Paus Terbesar Di Dunia, Tokek raksasa tersebut memiliki wujud seperti tokek pada umumnya dengan panjang lebih dari 1, 5 meter. Tubuhnya berwarna abu-abu kebiruan dan seluruh badannya ditutupi oleh corak merah polkadot. Peruta dan kepalanya membuncit besar dan secara keseluruhan badannya mirip sekali dengan buaya. Matanya yang besar, berwarna oranye, dan khas reptil seperti mata melotot membuat penampakannya makin menyeramkan. Namun tak perlu dikhawatirkan sebab menurut sang pemburu, tokek sebesar apapun pada dasarnya jinak.

Tokek tersebut segera menjadi pemberitaan di banyak media, seperti Tribun yang membuat sensasinya menjadi sebuah headline. Namun sebelum Tribun memberitakannya, ternyata tokek raksasa tersebut sudah laku terjual oleh orang Indonesia. Di pasaran, tokek sama seperti bianatang eksotis lain yang semakin besar ukurannya semakin mahal harganya. Dan untuk tokek seberat 64 kg itu sendiri harga jualnya fantastis. Mencapai 64 juta ringgit Malaysia atau jika kursnya adalah Rp 2.800 per satu ringgit Malaysia maka setara dengan Rp 179,200 milyar!

Baca Juga : Buaya Terbesar di Dunia Yang Pernah Ditemukan

Dengan harga sedemikian tinggi, pantas saja jika tokek raksasa tersebut didaulat tak hanya sebagai tokek terbesar di dunia, namun juga tokek termahal di dunia. Di pasaran hewan reptil dunia, jual-beli tokek tak hanya ditujukan untuk para pelanggan yang membeli tokek untuk menjadi binatang peliharaan. Konon tokek juga dipercaya dapat mengobati penyakit HIV/AIDS. Itulah mengapa Tokek Terbesar Di Dunia bisa terjual dengan harga fantastis.