Apa Itu Wahabi Salafi Paham Sebenarnya

Apa itu Wahabi Yang Sebenarnya? Wahabi Salafi merupakan gerakan ideologi dan politik yang telah didirikan seseorang Anak Manusia yang bernama Muhammad bin Abdul Wahhab. Karena namanya inilah lahirlah faham Wahabi. Sesungguhnya, Al-Wahabiyah termasuk firqah sempalan dari Ibadhiyah khawarij muncul di abad ke-2 Hijriah sebelum masa dari Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab. Banyak yang masih belum mengetahui sebenarnya apa itu yang dimaksud dengan faham atau golongan Wahabi. Salafi wahabi memecah belah islam dari dalam itu benar adanya.

Jika bertanya tentang apa itu Wahabi Salafi, jika dirunut berdasarkan asal katanya yaitu mengacu pada seorang tokoh ulama yang besar di Arab, yakni bernama Syeikh Muhammad bin Abdul Wahab At-Tamimi Al-Najdi. Ulama besar ini lahir di sebuah daerah bernama Uyainah, beliau belajar Islam mazhab Hanbali. Muhammad bin Abdul Wahab sudah menghafal Al-Qur’an ketika usianya beranjak 10 tahun. Di mana dakwah beliau sudah banyak disambut saat beliau tiba di Dir’iyah, setelah itu beliau pun menjadi guru serta dimuliakan para penguasa setempat, yakni pangeran bernama Muhammad bin Su’ud. Dakwah Muhammad bin Abdul Wahhab sendiri ditegakkan oleh pangeran sehingga menjadi sebuah gerakan nasional di penjuru Arab Saudi sampai saat ini.

Apa Itu Wahabi dan Ajaran Salafi dari Muhammad Bin Abdul Wahhab

Sosok yang bernama Syeikh Muhammad bin Abdul Wahhab kian populer pada gerakan ishlah atau reformasi yang hadir menjelang masa kebekuan dan kemunduran berpikir dalam pemikiran ajaran Islam yakni sekitar 3 abad lalu tepatnya di abad ke 12 tahun hijriyah. Adapun dakwah ini tengah menyerukan supaya aqidah Islam pun dapat dikembalikan lagi pada pemurnian dari arti tauhid terhadap syirik berikut semua manifestasinya. Aliran Sesat ini tidak segan-segan dalam mengkafirkan /  membidahkan amalan perbuatan Muslim lainnya.

Dengan alasan begitu, Muhammad bin Abdul Wahhab pun bangkit bekerjasama dengan Zionis Inggris pada saat itu untuk mengajak umat Islam untuk kembali pada Islam versi Wahabi Salafi tersebut. Di mana, Pendiri Aliran Wahabi ini pun menulis berbagai risalah demi menyadarkan masyarakat akan kesalahannya. Adapun salah satunya yaitu kitabuttauhid yang sampai menjadi rujukan para ulama aqidah Wahabi Kaum Takfiri. Dulu digembar-gemborkan bahwa Dakwah Syeikh Muhammad bin Abdul Wahhab pun melahirkan sebuah gerakan umat aktif untuk menumpas berbagai bentuk syirik, khurafat, bid’ah serta berbagai macam hal yang telah menyeleweng ajaran agama Islam yang murni. Namun hal yang demikian adalah Dusta.

Apa Itu Wahabi ? Dimana Kaum Wahabi Yang Sebenarnya ini pun melarang untuk membangun sebuah bangunan tepat di atas kuburan, memasang lampu atau menyelimutinya di dalamnya. Di samping itu, mereka pun melarang agar orang-orang tidak meminta sesuatu kepada kuburan, atau orang yang telah mati, tukang sihir tukang teluh, peramal dan dukun. Paham Khawarij Yang Sebenarnya ini juga telah melarang tawassul menyebut seseorang yang shalih, misalnya keramatnya dari syeih fulan lalu fulan, bi jaahi rasul dan sebagainya.

Bahaya Ideologi Wahabi Takfiri Menurut Ulama Aswaja

Di bawah ini merupakan kami sebutkan beberapa bahaya yang bisa timbul dari aqidah Wahabi Salafi tersebut antara lain;

1. Menimbulkan perpecahan ummat

Dahulu umat islam Indonesia hidup dengan aman, akan tetapi setelah Aliran Wahabi yang gemar dengan fatwa-fatwa ganjil yang memvonis bid’ah dan sesat bahkan syirik terhadap amalan seperti tahlilan, yasinan, tawassul, ziarah kubur dll. Padahal itu semuanya bersumber dari Nabi Muhammad SAW

2. Mengurangi rasa hormat kepada Rasulullah SAW dan Keluarganya

Beberapa Fatwa Fatal Kaum Wahabi Yang Sebenarnya adalah sebagai berikut :

  1. Haram memperingati kelahiran Rasulullah SAW / Maulid
  2. Haram memuji Rasulullah SAW
  3. Haram membaca saiyidina sebelum nama Rasulullah SAW
  4. Mengkafirkan ayah bunda Rasulullah SAW
  5. Haram membaca shalawat yang menurut mereka tidak bersumber dari Rasulullah SAW, seperti shalawat yang dibacakan oleh Sahabat, tabi’in dan para ulama Aswaja lainnya.

3.  Melahirkan gerakan ekstrem/radikal

Pahama / Ideologi wahabi Takfiri yang dengan mudahnya memvonis bid’ah dan syirik berbagai macam amalan umat Islam di Indonesia, akan dengan mudah keluarnya paham radikal. Karena sudah divonis sebagai pelaku syirik oleh Wahabi, maka Wahabi ini tidak segan-segan untuk membunuh Umat Islam dengan alasan menghilangkan kemusyrikan.

Apa Itu Wahabi ? Golongan Wahabi Salafi yang Yang Sebenarnya licik ini akan menuduh Aswaja sebagai “pengikut syiah” bagi golongan yang tidak sejalan dengan aliran mereka. Wahabi ini membuat propaganda bahwa amalan kaum aswaja berasal dari kaum syiah. Hal ini tentu bertujuan untuk menarik simpati masyarakat awam, karena golongan syiah lumrah dikenal sebagai golongan sesat. Sehingga ketika masyarakat awam sudah termakan dengan isu syiah, maka akan semakin mudah menjatuhkan vonis sesat.

tags: