Wisata Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Di Jawa Timur terdapat Wisata Air Terjun Madakaripura Probolinggo yang sangat indah dan menarik untuk anda kunjungi. Namun tempat ini terbilang sakral karena air terjun ini memiliki kisah spiritual yaitu dulunya Air Terjun Madakaripura merupakan tempat untuk bermeditasi Gajah Mada sehingga dinamakan air terjun madakaripura. Ada beberapa tips jika anda hendak mengunjungi tempat ini, yang pertama yaitu anda harus menggunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman jika hendak ketempat ini.

Karena daerah ini terbilang cukup rawan longsor dan ada Penampakan Hantu, maka anda harus dapat menentukan hari yang tepat untuk mengunjungi tempat ini. Jangan berkunjung diwaktu musim hujan karena takut terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Air terjun ini mendapat julukan sebagai air terjun abadi karena meskipun musim kemarau seringkali terjadi, air terjun ini tak pernah berhenti mengalir. Air terjun madakaripura berada dikawasan taman nasional bromo tepatnya didesa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur.

Dari temtat ini anda dapat mengabadikan momen-momen indah bersama rekan anda dan anda juga dapat menikmati pesona air terjun yang terus mengalir dengan air yang berpadu dengan lumut berkilauan karena terkena sinar matahari membuat pemandangan terlihat semakin indah.

Berdasarkan sejarah, hal menarik yang dapat anda ketahui dari air terjun ini adalah berdasarkan kita negarakertagama, kawasan madakaripura ini merupakan pemberian dari raja hayam wuruk kepada gajah mada dan pada saat anda memasuki wilayah air terjun maka anda akan melihat patung mahapatih sangat legendaris yang berasal dari kerajaan majapahit tersebut.

Menurut cerita, ditempat inilah patih gajah mada mencapai mukso atau menghilang dari muka bumi secara fisik dan spiritual. Tak heran jika tempat ini kerap dijadikan sebagai tempat untuk bermeditasi terutama pada hari-hari keramat seperti malam jum’at kliwun dan pada malam satu syuro atau tahun baru dalam penanggalan jawa tempat ini selalu ramai dikunjungi orang-orang yang mempercayai akan hal tersebut.

Pilihan Editor : Contoh Paragraf Generalisasi dan Cerita Cinta Romantis

Sebelum anda mengunjungi tempat ini, kami sarankan agar anda membawa bekal sendiri dari rumah karena sepanjang perjalanan menuju air tejun anda akan sulit menjumpai warung atau tempat makan lainnya.

Rute Perjalanan Wisata Air Terjun Madakaripura Di Jawa Timur

Bagi anda yang ingin berkunjung ketempat ini, anda bisa melalui jalur Surabaya, namun agar lebih mudah anda dapat mengambil paket wisata ke gunung bromo karena air terjun madakaripura berada dikaki gunung bromo sehingga tempat ini sudah termasuk dalam kawasan gunung tersebut. Perjalanan yang ditempuh jika anda dari kota Surabaya yaitu sekitar tiga jam. Dari perjalanan tersebut anda akan melewati beberapa kabupaten seperti Sidoarjo, Porong, Pasuruan dan probolinggo. Sesampainya di probolinggo anda bisa langsung menuju lokasi air terjun madakaripura dan gunung bromo.

tags: